HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pendidikan: Motivasi Belajar dgn Hasil Praktek Mata Diklat Menjahit I

Judul Skripsi : Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Praktek Mata Diklat Menjahit I Pembuatan Saku pada Siswa Kelas I Jurusan Tata Busana di SMK Muhammadiyah Gubug Grobogan Tahun 2005

 

A. Latar Belakang

SMK Muhammadiyah Gubug merupakan sekolah kejuruan, yang mempunyai dua jurusan, yaitu jurusan tata busana dan jurusan teknik informatika. Dalam Kegiatan belajar mengajar bidang keahlian tata busana mata diklat yang diterapkan adalah normatif-adaptif (sistem pengajaran teori) dan produktif ( sistem pengajaran praktek). Jadi bidang keahlian tata busana terdapat sistem pengajaran teori dan praktek.

Mempelajari suatu mata diklat, baik teori maupun praktek memerlukan motivasi. Motivasi adalah suatu keadaan dalam diri individu yang menyebabkan seseorang melakukan kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan (Oemar Hamalik, 2003 : 158 ). Siswa untuk dapat belajar mata diklat khususnya di bidang menjahit, harus mempunyai motivasi yang tinggi, dengan cara memperhatikan setiap keterangan guru, dan bersungguh-sungguh dalam belajar, jadi kemungkinan kesalahan-kesalahan dalam praktek menjahit bisa dikurangi, dengan demikian siswa tersebut mampu mengerjakan tugas dengan baik.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah ada hubungan motivasi belajar dengan Hasil praktek mata diklat menjahit pembuatan saku, siswa kelas I jurusan Tata Busana di SMK Muhammadiyah Gubug ?
  2. Seberapa besar hubungan motivasi belajar dengan Hasil praktek mata diklat menjahit pembuatan saku pada siswa kelas I jurusan Tata Busana di SMK Muhammadiyah Gubug ?

 

C. Landasan Teori Skripsi

Pengertian

Motivasi adalah dorongan,keinginan untuk melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan dengan memberikan yang terbaik pada dirinya demi tercapainya tujuan yang diinginkan ( Sri Suyati, 2001: 44 ).Menurut Sardiman (2000:73 ), motivasi adalah serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu sehingga seseorang tersebut mau dan ingin melakukan sesuatu.

Penilaian Hasil Praktek Menjahit

Penilaian hasil praktek merupakan suatu tindakan atau kegiatan untuk melihat sejauh mana pencapaian siswa dalam bentuk hasil praktek yang diperlihatkan setelah mereka menempuh pengalaman proses belajar mengajar. Selain itu penilaian dilakukan untuk mengetahui keefektifan belajar dalam mencapai hasil praktek yang obtimal. Maka pada dasarnya penilaian hasil praktek merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur hasil praktek menjahit saku pada siswa berupa tes teori berbentuk tes obyektif dan tes praktek.

 

Pengertian Hasil Praktek

Hasil adalah segala yang diperoleh dari mengerjakan pekerjaan (kamus besar Ilmu Pengetahuan, 2005 : 136), Praktek adalah bagian dari pengajaran yang bertujuan agar siswa mendapat kesempatan untuk menguji dan melaksanakan dalam keadaan nyata hal-hal yang ia dapat dalam teori (Kamus Besar ilmu pengetahuan, 2005 : 400). Jadi hasil Praktek adalah Segala yang diperoleh dari mengerjakan suatu pekerjaan yang bertujuan agar siswa mendapat kesempatan melaksanakan hal-hal yang ia dapat dalam teori. . Namun pada kenyataannya banyak siswa yang mengalami berbagai kesulitan apabila sampai ke tahap materi praktek.

 

D. Metode Penelitian

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SMK Muhammadiyah Gubug Grobogan jurusan tata busana, jumlah siswa kelasa I adalah 65 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik total sampling yaitu seluruh jumlah populasi diambil sebagai sampel sebesar 65 siswa. Variabel penelitian ini adalah motivasi belajar siswa kelas I sebagai variabel bebas, hasil praktek menjahit saku sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data dengan kuesianer dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif persentase dan analisis korelasi.

 

E. Kesimpulan

  1. Ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil praktek menjahit saku pada siswa kelas I jurusan tata busana SMK Muhammadiyah Gubug, Grobogan .
  2. Besarnya motivasi belajar terhadap hasil praktek mejahit saku cukup baik terbukti siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi, hasil praktek menjahit saku nilainya baik. Sebaliknya siswa yang kurang mempunyai motivasi belajar, hasil praktek menjahit saku nilainya kurang atau rendah.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Praktek Mata Diklat Menjahit I Pembuatan Saku Pada Siswa Kelas I
  2. Hubungan Antara Tingkat Pendapatan Dan Pengetahuan Tata Rias Wajah
  3. Hubungan Antara Kinerja Menjahit Dengan Sikap Wiraswasta Pada Kelompok Belajar Menjahit
  4. Survei Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi Sma Negeri Di Kabupaten
  5. Pengelolaan Kelas Guru Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial Di Smp Negeri Kabupaten Banjarnegara Tahun 2005/2006
Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)