HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pendidikan: Meningkatkan Motivasi Belajar melalui Pemberian Pujian dan Peraga

Judul Skripsi : Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pemberian Pujian dan Peraga yang Menarik pada Siswa Kelas II Mata Pelajaran PKN di SD Negeri Siliwangi 02 Semarang Barat

 

A. Latar Belakang

Peranan guru sebagai pengajar mungkin merupakan peran yang paling populer selama ini. Guru sebaiknya memberikan bimbingan bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar. Karena guru sebagai informator terutama berkaitan dengan tugasnya membantu guru pembimbing dalam memasyarakatkan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa. Guru sebagai fasilitator terutama ketika dilangsungkannya layanan pembelajaran baik yang bersifat prefentif ataupun kuratif. Guru sebagai mediator kedudukannya yang strategis yakni berhadapan langsung dengan guru pembimbing. Guru sebagai motivator berperan sebagai pemberi motivator siswa dalam memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah siswa memperoleh layanan konseling. Guru sebagai kolaborator sebagai mitra seprofesi yakni sama sebagai tenaga pendidik di sekolah.

Khususnya pada kelas II seorang siswa yang mengalami kesulitan belajar dalam mata pelajaran PKN, siswa tersebut perlu mengalami bimbingan yang dilakukan oleh guru maupun orang tua yaitu dengan cara menambah jam pelajaran, membimbing siswa dalam belajar, memberikan motivasi, dan cara lain yang perlu dilakukan untuk menambah kemampuan anak supaya tidak kesulitan dalam belajar.

B. Rumusan Masalah Skripsi

Seorang siswa kelas II SD Siliwangi 02 belum memahami mata pelajaran PKN pada sub materi pokok kasih sayang, karena terlihat kurang berminat mengikuti pelajaran PKN.

C. Kerangka Teoritik

Pengertian Bimbingan Belajar

Bimbingan adalah suatu proses pemberian bantuan yang terus menerus dan sistematis dari pembimbing kepada yang dibimbing agar tercapai kemandirian dalam pemahaman, penerimaan, pengembangan yang optimal dan penyesuaian diri dengan lingkungan. Bimbingan secara umum dapat diartikan sebagai bantuan yang diberikan kepada individu untuk dapat memilih mempersiapkan diri dan memangku jabatan serta mendapat kemajuan dalam jabatan yang dipilih itu. Belajar adalah perubahan perilaku yang disebabkan oleh karena individu mengadakan interaksi dengan lingkungan.

Kesulitan Belajar

Jika ada siswa yang tidak dapat dengan sewajarnya, maka siswa tersebut mengalami kesulitan belajar siswa. Semua siswa dalam satu kelas berpola pikir yang berbeda-beda. Kesulitan belajar merupakan gejala yang sangat mudah untuk dikenali secara dini sehingga dapat langsung diatasi.

Pengertian Motivasi

Sebagian besar pakar psikologi menyatakan bahwa motivasi merupakan konsep yang menjelaskan alasan seseorang yang berperilaku. Pengertian ini masin bersifat umum, sehingga banyak dihadapkan pada pembahasan spesifik tentang makna motivasi yang dilandasi oleh berbagai asumsi dan terminologi.

 

D. Paparan Hasil

Karakteristik yang dimiliki setiap anak berbeda-beda, dalam satu kelas dapat dijumpai beberapa karakteristik anak.

Kemalasan siswa tersebut dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor; baik faktor dari dalam maupun dari luar. Faktor dari dalam disebabkan karena siswa tersebut tidak punya niat untuk berusaha. Sedangkan faktor dari luar dapat disebabkan karena tidak adanya sesuatu yang memotivasi dia untuk berusaha. Sedangkan faktor dari luar dapat disebabkan karena tidak adanya sesuatu yang memotivasi dia untuk berusaha.

Untuk mengatasi masalah tersebut guru dapat memberikan motivasi kepada siswa. Adapun motivasi itu ada 2 macam yaitu Motivasi intrinsik dan ekstrinsik.

 

E. Kesimpulan

Berdasarkan hasil pengamat terhadap bimbingan belajar pada mata pelajaran PKN kelas II SD Negeri Siliwangi 02 Kecamatan Semarang Barat dapat disimpulkan sebagai berikut :

  1. Layanan bimbingan belajar perlu diberikan untuk membantu siswa meningkatkan motivasi belajar.
  2. Membangkitkan motivasi belajar PKn bisa dengan pujian untuk membangkitkan rasa ingin tahu dengan menggunakan gambar-gambar yang menarik, sehingga siswa termotivasi untuk belajar.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pemberian Pujian dan Peraga
  2. Penerapan Metode Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA
  3. Pemahaman Guru IPS terhadap Penilaian Kelas berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan
  4. Pengaruh Kondisi Sosial dan Ekonomi Keluarga terhadap Kegiatan Belajar Anak
  5. Pengaruh Motivasi, Dukungan Orang Tua dan Asal Sekolah terhadap Prestasi
Incoming search terms:

Leave a Reply