HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pendidikan: Kelentukan Pergelangan Kaki dgn Keterampilan Menggiring Bola

Skripsi Pendidikan: Hubungan Antara Kekuatan Otot Tungkai dan Kelentukan Pergelangan Kaki dengan Keterampilan Menggiring Bola Pada Permainan Sepakbola Bagi Pemain Klub Investindo Purbalingga Tahun 2004

 

A. Latar Belakang

Dalam menggiring bola seorang pemain harus dapat merubah arah dan melewati lawan dengan cepat serta harus dapat menggunakan seluruh bagian kakinya sesuai dengan yang ingin dicapai. Untuk dapat melakukan semua itu sangat dibutuhkan unsur fisik karena dukungan fisik yang baik diharapkan seorang pemain atau atlet akan dapat bermain dengan baik pula. Selain itu apabila pemain memiliki kondisi fisik yang baik akan memiliki beberapa keuntungan yang akan menjadikan pemain dapat: meningkatan kemampuan sistem sirkulasi dan kerja jantung, peningkatan dalam kekuatan, kelentukan, stamina, kecepatan dan lain-lain dari komponen kondisi fisik, pemulihan yang cepat dalam organ-organ tubuh setelah latihan, respon atau tanggapan yang cepat dari organisme tubuh kita, apabila sewaktu-waktu respon atau tanggapan sedemikian diperlukan. Selain itu apabila kondisi fisik atlet baik, maka ia akan lebih cepat pula menguasai teknik-teknik gerakan yang dilatihkan. Secara psikologi ada keuntungannya, karena atlet yang memiliki kondisi fisik yang baik akan merasa lebih percaya diri dan lebih siap dalam menghadapi tantangan–tantangan latihan dan pertandingan.

Komponen kondisi fisik tersebut tentunya mempunyai peranan yang berbeda-beda dalam mendukung kemampuan seorang pesepakbola dalam menggiring bola. Diantara komponen fisik yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah kekuatan otot tungkai dan kelentukan pergelangan kaki.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah ada hubungan kekuatan otot tungkai dengan keterampilan menggiring bola pada permainan sepakbola?
  2. Apakah ada hubungan kelentukan pergelangan kaki dengan keterampilan menggiring bola pada permainan sepakbola?
  3. Apakah ada hubungan kekuatan otot tungkai dengan kelentukan pergelangan kaki terhadap keterampilan menggiring bola pada permainan sepakbola?

 

C. Landasan Teori Skripsi

Keterampilan Menggiring Bola

Adapun pendapat Engkos Kosasih (1994 : 95) menggiring bola yaitu berlari membawa bola atau membawa bola dengan kaki.

Kekuatan Otot Tungkai

Kekuatan otot tungkai dalam penelitian ini menggunakan kekuatan maksimum. Menurut KONI (2000: 12) kekuatan adalah kekuatan otot yang membangkitkan tenaga/kekuatan/force terhadap suatu tahanan.

 

Kelentukan Pergelangan Kaki

sajoto (1988 : 58) menyatakan bahwa kelentukan adalah efektifitas seseorang dalam penyesuaian dirinya, untuk melakukan segala aktivitas tubuh dengan penguluran seluas-luasnya, terutama otot-otot, ligamen-ligamen di sekitar persendian.

 

D. Metode Penelitian

Populasi dalam penelitian ini adalah pemain Klub Investindo Purbalingga sebanyak 30 orang.

Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan total sampling, sehingga semua pemain Klub Investindo Purbalingga dijadikan sebagai sampel penelitian.

Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu keterampilan menggiring bola dan variabel bebasnya adalah kekuatan otot tungkai dan kelentukan pergelangna kaki.

Data diambil melalui teknik tes dan pengukuran. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi dan korelasi sederhana maupun ganda.

 

E. Kesimpulan Skripsi

  1. Ada hubungan antara kekuatan otot tungkai dengan keterampilan menggiring bola pada permainan sepakbola bagi pemain Klub Investindo Purbalingga Tahun 2004.
  2. Ada hubungan antara kekuatan otot tungkai dan kelentukan pergelangan kaki dengan keterampilan menggiring bola pada permainan sepakbola bagi pemain Klub Investindo Purbalingga Tahun 2004.
  3. Ada hubungan antara kekuatan otot tungkai dan kelentukan pergelangan kaki dengan keterampilan menggiring bola pada permainan sepakbola bagi pemain Klub Investindo Purbalingga Tahun 2004.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Hubungan Antara Kekuatan Otot Perut Dan Keterampilan Timang -Timang Bola Terhadap Ketepatan Tendangan
  2. Hubungan Antara Kekuatan Otot Tungkai Dan Kelentukan Pergelangan Kaki Dengan Keterampilan Menggiring
  3. Hubungan Antara Kekuatan Otot Tungkai Dan Kelincahan Dengan Kecepatan Menggiring
  4. Hubungan Antara Tingkat Persepsi Kinestetik Dengan Keberhasilan Smash Bola Voli
  5. Hubungan Fleksibilitas Dan Kelincahan Dengan Kemampuan Melakukan Groundstroke Dalam Tenis Pada Pemain Usia 14-16 Tahun Di Kota Semarang Tahun 2007

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply