HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Komunikasi: Aktifitas Customer Service di RS. PKU Muhammadiyah Surakarta

Judul Skripsi : Aktifitas Customer Service di RS. PKU Muhammadiyah Surakarta

 

A. Latar Belakang

Pada era globalisasi saat ini yang dibarengi dengan kemajuan teknologi dan peningkatan pengetahuan, segala fenomena sosial yang terjadi di masyarakat mendapat perhatian lebih serius dari masyarakat. Kekritisan masyarakat terjadi di segala bidang, baik bidang sosial, ekonomi, politik, budaya dan di berbagai bidang lainnya. Disamping itu, bidang yang mendapat sorotan cukup tajam dari masyarakat adalah bidang kesehatan. Perhatian masyarakat di bidang kesehatan dapat terlihat pada banyaknya kasus – kasus pengaduan yang ditujukan kepada para dokter, rumah sakit dan pelayanan – pelayanan kesehatan lainnya.

Saat ini penyelenggara rumah sakit memerlukan modal yang cukup besar terutama makin banyak teknologi baru yang harus disediakan, tenaga yang cukup banyak sehingga memerlukan pengorganisasian yang lebih profesional. Di samping itu, semakin tingginya tingkat pendidikan masyarakat telah mengubah orientasi masyarakat mengenai rumah sakit. Banyaknya rumah sakit yang ada sekarang ini memberikan kesempatan masyarakat untuk memilih kemana dia akan berobat.

 

B. Tujuan

  1. Mempraktekkan teori – teori ilmu public relations yang telah didapat di bangku kuliah.
  2. Mengetahui sejauh mana aktifitas customer service di RS. PKU Muhammadiyah Surakarta.
  3. Menganalisa bagaimana kinerja customer service yang diterapkan di RS. PKU Muhammadiyah Surakarta.

 

C. Tinjauan Pustaka Skripsi

Humas ( Public Relations )

Di Indonesia Public Relations lebih sering disebut dengan Humas. Namun masih banyak yang belum mengerti mengenai apa dan bagaimana Public Relations itu. Dulu orang berpikir bahwa fungsi humas hanya sekedar administratur, protokoler dan berpenampilan menarik. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Kehidupan suatu organisasi memang bias dikenal banyak orang tanpa Public Relations. Namun reputasi dan kredibilitasnya bisa meningkat dengan adanya Public Relations.

Customer Service

Customer Service merupakan bagian dari Marketing PR sebagai perpanjangan fungsi eksternal PR. Customer Service juga berperan sebagai communicator, back-up management, and makes an good image yaitu berfungsi sebagai human relations secara garis besar antara lain menumbuh kembangkan citra positif perusahaan terhadap public eksternal atau masyarakat luas, demi tercapainya saling pengertian bagi kedua belah pihak.

 

Pelaksanaan Magang

Selama 1 bulan melaksanakan Kuliah Kerja Media di RS PKU Muhammadiyah Surakarta, penulis ditempatkan didua bagian secara berurutan yaitu :

  1. Periode I ( 2 Februari – 14 Februari 2009 )

Di UPT Pelayanan Pelanggan (Customer Service ).

  1. Periode II ( 16 Februari – 28 Februari 2009 )

Di Sub Bagian Humas. Berikut penjabaran pelaksanaan Kuliah Kerja Media secara sistematis

 

E. Kesimpulan

  1. Dalam memberikan pelayanan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan, customer service melakukan pelayanan dengan memberikan penjelasan sejelas – jelasnya kepada pelanggan agar yang membutuhkan informasi tersebut dapat menerima dengan jelas dan puas.
  2. Peranan Customer Service dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan yang mengeluh / komplain adalah menyikapi keluhan dari pelanggan dengan menyelesaikan permasalahan tersebut secara langsung, melalui penjelasan – penjelasan hingga permasalahan itu terselesaikan sampai

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Aktifitas Customer Service di Rs. Pku Muhammadiyah Surakarta
  2. Proses Pembuatan Naskah Berita Radio Trijaya Fm Yogyakarta
  3. Perancangan Desain Buku dan Media Promosi Buku Kumpulan Puisi Karya Vinna Mei Astuti
  4. Persepsi Menonton Tayangan Talk Show Bukan Empat Mata di Trans7
  5. Peran Customer Relations Food & Beverage di Grand Orchid Hotel Solo

Leave a Reply