HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Administrasi: Evaluasi Pelaksanaan Program Puskesmas Gratis di Puskesmas I

Judul Skripsi : Evaluasi Pelaksanaan Program Puskesmas Gratis di Puskesmas I Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo (Studi Diskriptif Kualitatif Peraturan Daerah No.15 Tahun 2006 tentang Pembebasan Pungutan Retribusi Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Tingkat Dasar di Puskesmas, Puskesmas Pembantu dan Puskesmas Keliling di Kabupaten Sukoharjo Tahun 2007)

 

A. Latar Belakang

Pembangunan kesehatan harus dipandang sebagai suatu investasi untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia, yang antara lain diukur dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Dalam pengukuran IPM, kesehatan adalah salah satu komponen utama selain pendidikan dan pendapatan. Dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan dibutuhkan perubahan cara pandang dari paradigma sakit ke paradigma sehat, sejalan dengan visi Indonesia Sehat 2010. Untuk mencapai sasaran kebijakan pembangunan kesehatan tersebut salah satunya diarahkan pada pengembangan system jaminan kesehatan terutama bagi penduduk miskin.

Kemiskinan di Indonesia telah menjadi suatu permasalahan yang fundamental dan menyangkut segala sendi kehidupan. Kemiskinan telah membuat 13 juta anak-anak tidak bisa mengenyam pendidikan yang berkualitas, kesulitan membiayai kesehatan, kurangnya tabungan dan tidak adanya investasi, kurangnya akses ke pelayanan publik, kurangnya lapangan pekerjaan, kurangnya jaminan sosial dan perlindungan terhadap keluarga, menguatnya arus urbanisasi ke kota, dan yang lebih parah, kemiskinan menyebabkan 34,96 juta rakyat miskin memenuhi kebutuhan pangan, sandang dan papan secara terbatas. Kemiskinan telah menjadi alasan yang sempurna terhadap rendahnya Human Development Index (HDI). Pada tahun 2004, HDI Indonesia hanya menempati urutan ke-111 dari 177 negara. (www.ekonomirakyat.com).

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah implementasi Program Puskesmas Gratis di Puskesmas I Kecamatan Grogol sudah mampu memberikan sumbangan terhadap pencapaian Standard Pelayanan Minimal (SPM) di bidang kesehatan untuk cakupan rawat jalan?
  2. Hambatan-hambatan apa saja yang ditemukan dalam pelaksanaan program tersebut?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Evaluasi kebijakan

Suatu program dirancang sedemikian rupa oleh pemerintah untuk mencapai tujuan tertentu, tetapi sekalipun program dirancang sedemikian rupa tidak selalu dapat mewujudkan tujuan yang dikehendaki. Agar tujuan tercapai maka proses pelaksanaan program hams dilakukan sebaik mungkin. Dalam pelaksanaan program akan ada akibat yang timbul yaitu keberhasilan atau kegagalan. Maka untuk mengetahui apakah pelaksanaan program berhasil atau gagal perlu dilakukan evaluasi kebijakan.

Implementasi

Pengertian implementasi menurut Kamus Webster dalam Solichin Abdul Wahab (1991: 50) diartikan “to provide the means or carrying out (menyediakan sarana untuk melaksanakan sesuatu); to give practical effect to (menimbulkan dampak/akibat terhadap sesuatu)”. Implementasi berarti menyediakan sarana untuk melaksanakan suatu kebijakan dan dapat menimbulkan dan dampak/akibat terhadap sesuatu tertentu.

Pelayanan Kesehatan

Pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optiomal (UU No.. 23 Tahun 1992 tentang kesehatan). Dalam Bab I pasal 1 UU No. 23 Tahun 1992. kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

 

D. Metode Penelitian

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan menggunakan data kualitatif. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder, yang didapat dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Validitas data dilakukan dengan cara triangulasi data. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif.

 

E. Kesimpulan

  1. Secara garis besar, pelaksanaan Program Puskesmas Gratis di Puskesmas I Grogol tahun 2007, sudah sesuai dengan ketentuan atau prosedur program yang berlaku dan sudah berjalan cukup baik, namun masih ada kekurangan disana sini sehingga ada beberapa hal yang harus diperbaiki agar dapat berjalan lebik baik lagi.
  2. Pelaksanaan Program Puskesmas Gratis juga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti sikap pelaksana, komunikasi, sumber daya dan dukungan kelompok sasaran. Faktor-faktor tersebut akan dijelaskan secara lebih rinci sebagai berikut :
    1. Sikap Pelaksana
    2. Komunikasi antara aparat pelaksana dengan kelompok sasaran terjalin kurang efektif
    3. Sumber daya
    4. Dukungan kelompok sasaran

 

Contoh Skripsi Administrasi

  1. Evaluasi Pelaksanaan Program Puskesmas Gratis di Puskesmas I Kecamatan Grogol Kabupaten
  2. Pelaksanaan Strategi Optimalisasi Kinerja Sumber Daya Manusia Bidang Pariwisata
  3. Pelaksanaan Kebijakan Alokasi Dana Desa (Add) di Desa Kagokan Kecamatan Gatak
  4. Peranan Kantor Lingkungan Hidup dalam Menjaga Konservasi Sumber Daya Air di Kota Salatiga
  5. Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Kota Surakarta

 

Incoming search terms:

Leave a Reply