HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Promosi Dalam Meningkatkan Minat Baca Di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang

BAB 1
PENDAHULUAN


A. LATAR BELAKANG MASALAH
Perpustakaan sangat dibutuhkan pada instansi–instansi pemerintah maupun swasta. Salah satunya adalah perpustakaan perguruan tinggi. Perpustakaan pada perguruan tinggi sebagai jantung perguruan tinggi semua civitas akademika di lingkungan universitas memiliki peran dalam mewujudkan tujuan perguruan tinggi. Artinya kedudukan perpustakaan tidak bisa diabaikan sebagai salah satu unsur pendukung perguruan tinggi. Peran perpustakaan perguruan tinggi sendiri berhubungan langsung dengan penggunanya. Oleh karena itu perkembagan perpustakaan juga tidak bisa lepas dari banyak tidaknya pengguna yang memanfaatkan koleksi bahan pustakanya. Perpustakaan juga mempunyai fungsi antara lain penyimpanan, pendidikan, rekreasi, penelitian dan informasi. Agar dapat mewujudkan fungsi tersebut pertama-tama perpustakaan membutuhkan dana yang besar, namun dana saja tidak cukup harus mempunyai sumber daya manusia yang berkualitas, serta dibutuhkan gedung yang representatif, koleksi yang lengkap (beragam dan baru) sangat mendukung pengguna untuk datang ke perpustakaan.

Keragaman dan keterbaruan koleksi yang dimiliki oleh sebuah perguran tinggi tidak akan ada gunanya jika tidak dimafaatkan secara maksimal. Untuk itu diperlukan suatu upaya menarik pengguna dan calon pengguna untuk datang ke perpustakaan dan memanfaatkan koleksi secara maksimal. Upaya tersebut adalah promosi perpustakaan. Peran promosi sangatlah penting dalam perpustakaan untuk memperkenalkan serta menarik perhatian civitas akademika dan pengguna dari luar perguruan tinggi untuk menggunakan atau memanfaatkan perpustakaan. Di samping itu promosi merupakan sarana untuk mengenalkan perpustakaan dan fungsinya, serta merubah citra perpustakaan dimata pengguna. Promosi harus dibuat semenarik mungkin sehingga pengunjung akan datang dan menggunakan berbagai layanan perpustakaan. Promosi merupakan sarana terbaik untuk memperkenalkan perpustakaan pada calon pengguna. Semua itu akan berjalan dengan baik jika promosi dilakukan pada waktu yang tepat dan juga harus melihat peluang agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Disinilah peran promosi dibutuhkan. Promosi perpustakaan sendiri dikatakan berhasil jika pengguna yang datang cukup dan selalu ada peningkatan. Promosi juga dilaksanakan oleh UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, Promosi yang dilakukan melalui media cetak maupun elektronik. Diharapkan dengan kegiatan promosi tersebut mampu memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pengguna maupun calon pengguna sehingga kedepannya diharapkan mampu menarik minat baca pengguna serta calon pengguna untuk datang ke perpustakaan. Berdasarkan gambaran di atas penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul ”Promosi Dalam Meningkatkan Minat Baca Di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang”.

Leave a Reply