HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Program Magister Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura, Untan, Provinsi Kalimantan Barat

FKIP Untan merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Tinggi Keguruan (LPTK) yang berkedudukan di Provinsi Kalimantan Barat, yang memiliki kepedulian dalam Bidang pendidikan dan ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Sebagai suatu sistem pendidikan nasional FKIP Untan berperan aktif dalam pengembangan ilmu, teknologi dan seni sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan yang universal dan terbuka dalam pergaulan dunia, tanpa harus meninggalkan kebudayaan bangsa. FKIP bertanggung jawab untuk menghasilkan sumber daya manusia (calon Guru/Pendidik) yang memiliki karakter inovasi dan kreatif, melakukan pembaharuan kearah perbaikan, memiliki kepercayaan diri terhadap potensi yang dimiliki, tanpa mengurangi hak orang lain dan lingkungannya, berjiwa demokratis yang dikendalikan oleh moralitas dan semangat religius.

FKIP Untan adalah Fakultas yang mengemban tugas dan fungsi fakultas yang menyelenggarakan sejumlah bidang pengetahuan khusus yang diarahkan pada penerapan keahlian tertentu. Menyiapkan mahasiswa menjadi calon guru/ pendidik yang memilki kemampuan profesional yang dapat menumbuh kembangkan, menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian dan mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kalimantan Barat yang pada akhir akan meningkatkan taraf kehidupan masyarakat serta memperkaya kebudayan nasional, memikul tugas dan tanggung jawab untuk pengembangan sumber daya manusia sesuai kebutuhan pembangunan dengan mengingat pula kedudukannya sebagai bagian dari masyarakat ilmiah yang bersifat universal.

Daftar Isi

  1. Akreditasi Magister Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura, Untan, Provinsi Kalimantan Barat
  2. Sejarah Magister Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura, Untan, Provinsi Kalimantan Barat
  3. Visi
  4. Misi
  5. Program Studi Sarjana (S1) Universitas Tanjungpura, Untan, Provinsi Kalimantan Barat
  6. Program Studi Pasca Sarjana (S2) Universitas Tanjungpura, Untan, Provinsi Kalimantan Barat

 

Akreditasi Magister Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura

  1. Pendidikan Bahasa Inggris terakreditasi C
  2. Pendidikan Bahasa Indonesia terakreditasi B
  3. Pendidikan Matematika terakreditas B

 

Sejarah Magister Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura

 

Sejarah berdirinya FKIP Untan berawal dari berdirinya IKIP Swasta yang dibiayai oleh Pemerintah Daerah Kalimantan Barat pada tanggal 25 November 1964. Pada saat itu fakta menunjukkan bahwa Kalimantan Barat membutuhkan guru yang dirasakan kurang, dan kebutuhan ini sangat mendesak. Untuk mendatangkan guru dari pulau Jawa khususnya menimbulkan persoalan yang berkaitan dengan perumahan guru. Di lain pihak banyak siswa lulusan SLTA (khususnya SPG dan SMA) saat itu tidak dapat melanjutkan pendidikannya ke pulau Jawa, karena ketidakmampuan orang tua membiayai pendidikan mereka.

 

Fakta yang ada tersebut mendorong para tokoh pendidik di Kalimantan Barat untuk mencari penyelesaiannya. Hal ini mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah Kalimantan Barat. Dalam usaha mendirikan IKIP Swasta ini, PGRI Cabang Kalimantan Barat berperan cukup besar, di samping lembaga resmi seperti Pemerintah Daerah dan Departemen P dan K terdiri dari Departemen Pendidikan Dasar dan Kebudayaan dan Departemen Perguruan Tinggi dan Ilmu Pendidikan (PTIP). Usaha-usaha tersebut ditujukan untuk:

  1. Mendidik calon Guru SLTP dan SLTA pada tingkat Universitas di daerah.
  2. Menampung hasrat masyarakat yang terdiri dari siswa-siswi tamatan SLTA dan guru untuk melanjutkan pendidikannya.

 

Gubernur Kalimantan Barat J.C. Oevaang Oeray merealisasikan berdirinya IKIP di Pontianak yang dibiayai Pemerintah Daerah dengan SK No. 83/Sek-TU/64 tanggal 25 November 1964, dengan pimpinan dipercayakan kepada Drs. Wan Usman. Atas usaha Pimpinan (Drs. Wan Usman), IKIP Swasta tersebut menjadi IKIP Bandung Cabang Pontianak, dan statusnya berubah menjadi IKIP Negeri, dengan Surat Keputusan Menteri PTIP No. 75/1965, tanggal 30 April 1965, IKIP Negeri ini tidak berdiri sendiri, tetapi sebagai filial IKIP Bandung, artinya dibina oleh IKIP Bandung.

 

Visi     

Unggul di Bidang Keguruan dan Kependidikan dengan Menjunjung Tinggi nilai – nilai Pancasila.

 

Misi

 

  1. Menyelenggarakan Pendidikan dan Pembelajaran yang berkualitas untuk menhasilkan luaran yang memiliki kompetensi pedegogik, propesional, kepribadian dan sosial.
  2. Menyelenggarakan penelitian bidang keguruan dan kependidikan untuk menghasilkan karya inovatif yang dapat dipublikasikan.
  3. Melaksanakan Pengabdian yang berkualitas untuk Peningkatan pemberdayaan Masyarakat.

 

Program Studi Sarjana (S1) Universitas Tanjungpura

  1. Keperawatan
  2. Teknik Elektro
  3. Sosiologi
  4. Farmasi
  5. Manajemen
  6. Ilmu Dan Teknologi Pangan
  7. Bimbingan Dan Konseling
  8. Sistem Komputer
  9. Pendidikan Geografi
  10. Perencanaan Wilayah Dan Kota

 

Program Studi Pasca Sarjana (S2) Universitas Tanjungpura

  1. S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
  2. S2 Teknologi Pembelajaran
  3. S2 Administrasi Pendidikan
  4. S2 Pendidikan Matematika
  5. S2 Pendidikan Ekonomi
  6. S2 Pendidikan Bhs Inggris
  7. S2 PGSD
  8. S2 Pend. Sosiologi

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Leave a Reply

Open chat
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?
Powered by