HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Perawatan Bayi Lekat (PBL)

Perawatan Bayi Lekat (PBL) Perawatan Bayi Lekat (PBL)

Perawatan Bayi Lekat (PBL)

Perawatan Bayi Lekat (PBL) ~ Perawatan Bayi Lekat (PBL) merupakan kontak langsung antara ibu dan bayi dalam keadaan terus menerus khususnya saat pemberian ASI.

Tujuan dari itu secara tidak lain ialah untuk menjaga kehangatan pada suhu tubuh si bayi agar tetap stabil.

Biasanya Perawatan Bayi Lekat dilakuakn pada saat dirumah sakit setelah proses kelahiran, setelah itu pada saat bayi pulang kerumah, hal tersebut dilakukan dengan jangka waktu yang rutin.

Jika bayi belum bisa disusui atau bayi belum bisa menyusu, PBL  tetap dapat dilakukan dengan pemerian ASI yang telah diperas dengan alternatif minum yang lainnya.

Saat melakukan PBL sang ibu juga tetap bisa melakukan berbagai aktivitas untuk menunjang kebutuhannya terutama untuk merileksasi pikiran serta tubuh si ibu. Adapun aktivitas yang boleh dilakukan oleh ibu meliputi:

  1. Ibu tetap dapat bergerak, berdiri, duduk, jalan, makan, serta mengobrol
  2. Pada saat tidur PBL dilakukan dengan cara posisi duduk dengan cara meletakkan beberapa bantal pada punggung belakang ibu.

Pada saat PBL perlu diperhatikan nutrisi yang seharusnya dipenuhi serta didapat oleh bayi tersebut. Biasanya tenaga medis akan memberikan wawasan tersebut kepada ibu. Adapun nutrisi yang harus dipenuhi ibu untuk pertumbuhan bayi antaranya:

  1. Posisi PBl haruslah ideal
  2. Cara menyusui dengan baik akan mempengaruhi proses penutrisian
  3. Pantauan nilai gizi juga harus diperhatikan.

Pada saat si bayi dan si ibu sudah pulang biasanya akan dilakukan pemantauan yang berkala oleh petugas. Hal tersebut bertujuan agar keadaan bayi dapat dipastikan dengan cara yang optimal. Adapun pmantauan tersebut berupa tindak lanjut:

  1. Satu minggu setelah pulang, penimbangan bayi dilakukan dengan jarak yang berkala, setiap permasalahan yang ada harus segera didiskusikan
  2. Minggu ke- 2 ketika bayi berumur 40 minggu, pada saat kunjungan tersebut bayi ditimbang dengan kriteria tertentu
  3. Kunjungan selanjutnya biasanya dilakukan dengan berkala atas kemauan pihak pertama

Demikian artikel yang berjudul Perawatan Bayi Lekat. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menambah wawasan yang bertemakan kesehatan bayi.

Incoming search terms:

Leave a Reply