HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Outbreak

Outbreak  Outbreak

Outbreak

Outbreak Outbreak merupakan suatu wabah yang penyebarannya relatif cepat dan dapat disamakan dengan suatu penyakit epidemic. Epidemic sendiri merupakan suatu penyakit yang ada pada masyarakat yang jumlahnya relatif tinggi dan dapat disimpulkan bahwa pennyakit tersebut dapat menimbulkan malapetaka.

Departemen Kesehatan RI Direktorat Jendaral Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Pemukiman menyatakan bahwa:

Outbreak adalah peningkatan insidensi kasus yang melebihi ekspektasi normal secara mendadak pada suatu komunitas, di suatu tempat terbatas, misalnya desa, kecamatan, kota, atau institusi yang tertutup (misalnya sekolah, tempat kerja, atau pesantren) pada suatu periode waktu tertentu.

Dari sinilah banyak para pihak yang berpendapat lain dari seperti Last mengungkapkan bahwa Outbreak merupakan suatu penyakit yang terjadi secara mendadak pada komunitas tertentu di suatu tempat terbatas, misalnya desa, kecamatan, kota, atau institusi yang tertutup (misalnya sekolah, tempat kerja, atau pesantren) pada suatu periode waktu tertentu.

Outbreak juga dapat dikategorikan sebagai suatu wabah yang mengancam dan memiliki resio yang tinggi hanya saja keadaan tersebut hanya terjadi pada kondisi terntu yang relatif terbatas.

Epidemi juga dijelaskan sebagai suatu penyakit yang tergolong luar biasa yang timbul pada masyarakat terntu. Mula-mula epidemi hanya ditujukan pada penyakit menular kemudian berkembang menjadi epidemi penyakit infeksi yang tidak menular, bahkan berlaku juga untuk fenomena-fenomena penyakit non infeksi dan nonpenyakit yang berkaitan dengan masalah sosial seperti kenakalan remaja dan penyalahgunaan obat.

Demikian artikel yang berisakan tentang Outbreak, Epidemi. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam pencarian refrensi Patologi.

Leave a Reply