HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Keluarga Sejahtera I Menurut Para Ahli| Glosarium

Pengertian Keluarga Sejahtera I  ~ Keluarga memang memiliki peran yang penting dalam kehidupan kita. Dari keluarga kita mampu bertahan dari segala keadaan yang ada dan yang sedang kita hadapi. Dari keluarga kita mampu bersosialisasi dengan baik di lingkungan sosial.

Banyak  hal yang belum kita ketahi tentang keluarga, salah satunya ialah pengkategorian jenis keluarga. Secara kasat mata keluarga hanya dibedakan dengan dua kategori saja, yaitu keluarga miskin dan keluarga kaya.  Salah satu kategori keluarga ialah, keluarga sejahterah I.

Keluarga sejahtera I merupakan keluarga yang terdiri dari suami istri dan anaknya dan pembentukannya dilakukan berdasarkan prose perkawinan. Dalam keluarga sejahterah I disebut juga keluarga keil karena hanya ada inti keluarga saja.

Pada saat membentuk suatu keluarga tentu saja banyak hal yang harus diperhatikan. Salah satunya ialah kemapuan dalam memnuhi setiap keutuhan rumah tangga. Pemenuhan kebutuhan tersebut dilakuakn agar kebutuhana hidup serta kelangsungan hidup dapat berjalan dengan baik.

Selain pemenuhan materi pemenuhan kebutuhan kerohanian juga merupakan unsur terpenting dalam pembentukkan suatu keluarga. Dari adanya kebutuhan rohani akan tercipta suatu kedamaian yang seimbang dan selaras terhadap satu anggota dngan anggota keluarga lainnya.

Keluarga sejahtera I adalah keluarga yang telah dikatakan mampu memenuhi kebutuhannya dengan tata cara yang mendasar, akan tetapi belum mampu memenuhi kebutuhan yang lebih tinggi lainnya. Sehingga dalam penyebutannya keluarga sejahtera I merupakan pembentukan dasar suatu keluarga.

Dalam mengukur uatu keberhasilan tentu saja dibutuhkan suatu pengukuran. Dalam melakukan pengukuran dibentuk atau disususn sebuah indikator keberhasilan, tak terkecuali pada keluarga sejahtera I yang memiliki indikator, meliputi:

  1. Pelaksanaan ibadah sesuai kepercayaan yang dianut
  2. Memnuhi kebutuhan makan sehari dua kali
  3. Seluruh anggota keluarga memiliki jenis-jenis pakaian sesuai kepentingan
  4. Alas rumah terbuat dari lantai bukan tanah
  5. Memiliki kemampuan untuk melakukan pelayanan kesehatan

Dalam pembentukkkan keluarga sejahtera tentu saja dilakukan berdasrkan pengembangan yang berkualitas yang pelaksanaannya dilakukan secara menyeluruh. Sehingga dapat dikatakan bahwa tujuan untam dari pebentukkan keluarga sejahtera ialah:

  1. Menjadikan keluarga kecil yang harmonis
  2. Memiliki derajat
  3. Bertakwa pada Tuhan YME
  4. Produktif
  5. Memiliki kemampuan membangun diri dengan lingkungannya
  6. Mandiri dalam segala hal

Dari keenam pon tersebut harus mampu dipenuhi oleh seluruh anggota keluarga. Selain itu penerapan yang dilakukan juga atas dasar keinginan hati bukan paksaan dari orang lain. Karena hakikat dari keluarga sesuangguhnya ialah memberikan kenyamanan untuk menjembatani sebuah kedamaian.

Demikian artikle yang berjudul Pengertian Keluarga Sejahtera I Menurut Para Ahli. Semoga artikle ini mampu memberikan wawasan tambahan untuk Anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply