HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Keluarga Pra Sejahtera Menurut Para Ahli | Glosarium

Keluarga Pra Sejahtera Pengertian Keluarga Pra Sejahtera Menurut Para Ahli | Glosarium

Keluarga Pra Sejahtera

Keluarga Pra Sejahtera ~ Pada dasarnya keluarga merupakan sesuatu al yang sangat vital untuk kehidupan kita. Tanpa keluarga kita tidak akan mampu mengenal dengan baik apa itu interaksi sosial, apa itu rasa kepedulian, apa itu rasa kasih sayang.

Kenapa dikatakan seperti itu ? karena keluarga merupakan agen sosial yang mampu memberikan  serta mengajarkan apa itu sosialisasi. Hal tersebut secara tidak langsung tercermin dari sosialisasi atau interaksi yang ada dalam suatu keluarga tersebut.

Akan tetapi selam ini banyak diketahui bahwa banyak keluarga yang tidak menjalankan fungsi serta perannya secara optimal sehingga dari hasil dari keluarga tersebut akan buruk. Hasil dari keluarga yang dimaksud ialah produk kualitas setiap anggota keluarganya.

Banyak hal yang menyebabkan keluarga tidak berfungsi dengan baik dalam kehidupan sosial. Salah satu penyebab sosialisasi yang tidak tepat atau sosialisasi yang tidak smepurna ialah adanya permasalahan ekonomi yang menjadi fokus utama mereka.

Misalnya saja pada keluarga pra sejahtera, dalam keluarga tersebut tidak ada suatu kempuan untuk memeuhi kebutuhan dasar setiap anggotanya. Sehingga dari bentuk keluarga tersebut akan menghasilkan satu fokus untuk memulihkan keadaan perekonomian saja, tanpa memnetingkan sosialisasi antar keluarga.

Pada keluarga yang tergolong memiliki perekonomian rendah, aggota keluarga satu dengan anggita keluaga lainya akan memiliki sikap yang egois untuk dapat memnuhi kebutuhannya tersebut. Misalnya saja:

Tono seorang anak buruh cuci dan tukang becak, penghasilan mereka sangat minim sekali untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ia ingin membeli sepatu baru seperti teman sekolahnya, akan tetapi adik Tono yaitu Tini lebih membutuhkan kebutuhan tersebut dibandingkan Tono. Sehingga orangtua Tono hanya membelikan satu pasang sepatu saja untuk Tini.

Dari ilustrasi tersebut bisa saja dibayangkan, pada masa yang seharusnya menyenangkan dan bisa saling merasakan satu sama lainnya terhambat oleh perekonomian. Sehingga munculah suatu sikap yang sifat yang tidak baik, misalnya saja iri hati yang pada akhirnya akan dikaitkan dengan rasa ketidakadilan.

Dari keluarga yang memiliki suasana yang harmonis serta kondusif akan menghasilkan suatu warga masyarakat yang baik pula. Karena dari keluargalah seseorang belajar dasar dari suatu masyarakat. Sehingga pada keluarga pra sejahtera dikwatirkan akan mengalami kondisi atau mneghasilkan suatu warga masyarakat yang tidak baik .

Dalam keluarga pra sejahtera memiliki ciri-ciri tamanya yaitu tidak mampu terpenuhinya kebutuhan keluarga , meliputi:

  1. Tidak mampunya memenuhi kebutuhan mendasar
  2. Tidak mampu menjangkau pelayanan kesehatan
  3. Bagian lantai dari rumah adalah tanah
  4. Minimnya pendidikan

Demikian artikle yang berjudul Pengertian Keluarga Pra Sejahtera Menurut Para Ahli. Semoga artikle yang Kami sampaikan mampu memberikan pengetahuan yang luas untuk Anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply