HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Insiden dan Rumus Insiden Rate

Insidens  Pengertian Insiden dan Rumus Insiden Rate

Insidens

Insidens adalah gambaran tentang frekuensi penderita baru suatu penyakit yang ditemukan pada suatu waktu tertentu di suatu kelompok masyarakat.

Angka insidensi (Insiden rate) adalah jumlah kasus baru penyakit tertentu yang dilaporkan pada periode waktudan tempat tertentu dibagi dengan jumlah penduduk dimana penyakit tersebut berjangkit.

Biasanya dinyatakan dalam jumlah kasus per 1000 kasus atau per 100.000 penduduk per tahun. Jumlah kasus baru, kejadian, atau kunjungan ke pusat pelayanan kesehatan pada populasi tertentu dalam masa tertentu secara periodik. Insidensi adalah jumlah peristiwa / penyakit pada suatu ke lompok penduduk tertentu dalam satuan waktu tertentu.

Insiden rate adalah jumlah mereka yang terkena penyakit / pertiwa di bagi dengan jumlah penduduk yang terancam ( resiko ) pada suatu tertentu ( per tahun ). insiden sangat berguna dalam epidem deskriptif untuk menerangkan / menentukan mereka / kelompok penduduk yang menderita dan dengan demikian dapat di gunakan sebagai dasar dalam program tersebut.

Untuk penelitian / penentu kasus secara epidem sehingga dapat menilai berbagai factor yang berpengaruh dalam terjadinya penyakit yang sedang di teliti serta untuk menilai hipotesis. Rate insiden merupakan dasar dalam penelitian epidem tentang factor penyebab baik pada factor penyebab infeksi akut maupun penyebab manahun, karena insiden merupakan indicator langsung tentang keadaan resiko terhadap penyakit.

Insiden Rate memiliki Rumus sebagai berikut  ;

IR = jumlah kejadian dalam waktu tertentu X K Jlh populasi ( resiko )

Pada tahun 2003 di desa B penderita TBC : 200 orang Pada tahun 2004 di desa B penderita TBC : 150 orang 2003 : 2000 X 0,08% 2500 : 8% 2004 : 150 X 0,042% 3500 : 4,2 %

Incoming search terms:

Leave a Reply