HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Injecting Drug User (IDU) dan Pengaruh Komplikasi Medik dan Sosial

Injecting Drug User (IDU ) Pengertian Injecting Drug User (IDU) dan Pengaruh Komplikasi Medik dan Sosial

Injecting Drug User (IDU )

Injecting Drug User (IDU) Injecting Drug User (IDU) merupakan kategori dari penyalahgunaan NAPZA yang memiliki kepanjangan dari narkotika, Psikotropika, Zat adiktif lainnya yang cara penggunaannya dilakukan dengan jarum suntik. Berbagai peralatan yang digunaakan dalam IDU pada dasarnya terdiri dari peralatan suntik baik itu berupa obat-obatan, jarum suntik, kompor dan kapas dan masih banyak lagi.

Aktivitas hubungan seksual yang tanpa menggunkan kondom akan mudah terserang penyakt menular seksual lainnya dan dapat memilki resiko tinggi pada kesehatannya. Hal tersebut biasanya terjadi pada aki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki, perempuan penasun yang memperdagangkan seks untuk uang dan wanita dengan pasangan IDU.

Pada pengguna narkoyika seringkali disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satu faktor tersebut, meliputi:

  1. Faktor sosial
  2. Faktor psikologi
  3. Faktor ekonomi

Sehingga dari penyalahgunaan obat tersebut akan menimbulkan berbagai komplikasi dalam tubuh pemakai. Karena pada dasarnya pemakaian NAPZA ditujukkan untuk kegiatan medis yang memang benar-benar membutuhkannya.

Pada kesehtaan pemakai akan sering mengalamai komplikasi medis yang berkepanjangan. Dari sini kesadaran serta daya pikir akan tergangu. Saluran pernafasan yang ada akan mengalami pembekakan sehingga berdampak pula pada kesehatan jantung yang mengalami penyempitan pembuluh darah.

Para pengguna NAPZA akan mengalami kencenderungan untuk melakaukan hubungan seksual dengan frekuensi yang tinggi. Misalnya saja pada pengguna wanita, ia akan meperjualbelikan diriny demi memperoleh uang untuk kebutuhan NAPZA.

Dampak sosial yang ditimbulkan dari penggunaan NAPZA juga sangat buruk. Bahkan dapat dibilang negatif, hal tersebut dikarenakan sebagian besar pengguna akan merugikan setiap anggota keluarganya. Kerugian tersebut dapat berupa:

  1. Meningkatnya emosional antara pengguna dan anggota keluarga lainnya
  2. Merupakan aib bagi keluarga
  3. Terkurasnya harta yang dimiliki oleh keluarga
  4. Adanya bentuk perilaku yang menimpang

Demikian artikel yang berjudul Pengertian Injecting Drug User (IDU) dan Pengaruh Komplikasi Medik dan Sosial. Semoga artikel yang Kami sampaikan mampu menambah wawasan Anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply