HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Informasi Obat Menurut Para Ahli | Glosarium

Informasi Obat  Pengertian Informasi Obat Menurut Para Ahli | Glosarium

Informasi Obat

Informasi Obat ~Informasi obat merupakan salah satu informasi yang digunakan untuk memberoleh suatu pengetahuan mengenai objek yang diuraikan secara ilmiah dan terekomendasi dari segi  farmakologi, toksikologi dan penggunaan terapi dari obat.Informasi obat dapat  bersifat aktif atau pasif.

Pada pelayanan yang memilki sifat aktif yang diberikan oleh apoteker untuk sebuah kebutuhan informasi yang telah dicari. Akan tetapi pada dasratnya pemberian informasi obat tidak menunggu sbuah pertanyaan dari beberapa pemakai obat tersebut.

Dengan kata lain informasi obat seblumnya telah disampaikan berbentuk tulisan. Biasanya dapat berupa buletin, brosur, leaflet, seminar dan sebagainya. Pelayanan bersifat pasif apabila apoteker pelayanan informasi obat memberikan informasi obat sebagai jawaban atas pertanyaan yang diterima (Anonim, 2006).

Pada dasarnya sumber informasi yang ada pada obat terdiri dari berbagai macam sumber obat. Adapun macam-macam sumber obat, meliputu:

  1. Sumber daya
  2. Pustaka
  3. Sarana
  4. Prasarana

Sumber daya yang ada pada sumber informasi obat dapat berupa tenga medis, seperti dokter, apoteker, perawat, tenaga kesehatan lainnya. Sedangkan prasarana merupakan sebuah sumber informasi yang dapat berbentuk kedalam industri informasi, Badan POM, Pusat informasi obat, Pendidikan tinggi farmasi, Organisasi profesi.

Selain itu dari sumber informasi yaitu pustaka terbagi atas pustak primer dan pustaka sekunder. Pustaka primer merupakan suatu keaslian dari tulisan atau sumber informasi yang asli. Misalnya saja pada hasil penelitian, laporan kasus, studi evaluatif dll.

Sedangkan pustaka sekunder merupakan putaka yang berisi kumpulan abstrak dari berbagai kumpulan artikel jurnal. Sumber informasi ini dibuat dalam berbagai data base, contoh : medline yang berisi abstrak-abstrak tentang terapi obat, International Pharmaceutikal Abstractyang berisi abstrak penelitian kefarmasian.

Demikian artikel yang berjudul Pengertian Informasi Obat Menurut Para Ahli. Semoga artikel yang Kami sajikan mampu menambah wawasan Anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply