HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian dan Tipe Emotional Abuse Terhadap Anak-Anak

Emotional Abuse Terhadap Anak Pengertian dan Tipe Emotional Abuse Terhadap Anak-Anak

Emotional Abuse Terhadap Anak

Emotional Abuse terhadap anak~ Kekerasan yang terjadi pada anak mrupakan suatu masalah yang dapat dianggap kompleks. Mengapa demikian ? karena anak yang merupakan anugrah dan titipan yang asalnya dari sang pencipta memiliki tujuan hidup yang sangat beragam dengan berbagai potensi yang ada.

Secara hukum kekerasan yang dilakukan pada anak telah diatur dalam berbagai hukum tindak pidana. Akan tetapi masih saja banyak penyimpangan yang terjadi salah satunya Emotional abuse terhadap anak yang dapat memiliki dampak yang sangat beragam bagi anak tersebut.

Emotional Abuse terhadap anak meliputi berbagai kegagalan yang ada dari dalam bidang penyediaan lingkungan yang memadai, ia juga tidak memiliki kebutuhan primernya yaitu figur yang dapat dicontoh. Sehingga anak yang telah mengalami kekerasan akan cenderung tidak stabil dan memiliki emodi yang meluap-luap.

Kekerasan emosional sebenarnya merupakan dasar dari semua kekerasan terjadi. Kekerasan emosional dapat berupa kekerasan fisik, pengabaian pada anak, kekerasan seksual pada anak. Kekrasan emosional tidak diartikan sebagai kekerasan yang sfatnya terus menerus menyerang.

Akan tetapi kekerasan emosional yang terjadi pada anak dapat menimbulkan efek yang negatif dan biasanya kekerasan terhadap anak cenderung dilakukan oleh orang dewasa. Sehingga pada saat terjadi kekerasan emosional anak menerinya sinyal dan pesan yang negatif juga.

Pada hakikatnya kekerasan emosional memiliki berbagai tipe yang dapat dijadikan suatu acuan serta pembelajaran yang positif. Adapun tipe-tipe kekerasan emosional meliputi:

  1. Isolasi
  2. Penolakan
  3. Teror
  4. Eksploitasi
  5. Pengabaian
  6. Perusakan

Efek kekerasan yang dihasilkan dari kekerasan tersebut juga sangat beragam. Jika anak mengalami intensitas kekerasan yang sangat lama akan menimbulkan perilaku yang kejam pada saat ia dewasa kelak. Ketika durasi dan waktu tersebut meningkat akan berakibat pada kejiwaan yang dialami oleh anak tersebut.

Demikian artikel yang membahas tentang Emotional Abuse, Tipe-Tipe Emotional Abuse. Semoga artikel yang Kami sajikan mampu memberikan wawasan untuk Anda.

Artikel yang Terkait:

Incoming search terms:

Leave a Reply