HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Dana Sehat dalam Program JPKM

Dana Sehat Pengertian Dana Sehat dalam Program JPKM

Dana Sehat

Dana Sehat ~ Dan asehat merupakan dana yang dikumpulkan dan telah dihimpun dari berbagai kelompok masyarakat dengn tujuan pembiayaan kesehatan yang ada. Kesehatan yang dilaksanakan dari dana tersebut bertujuan untuk mengobati serta mengatasi berbagai macam kondisi yang tergolong kurang sehat.

Pada dasarnya dana sehat yang ada di Indonesia sudah dikembangkan jauh sebelum program JPKM dicanangkan. Akan tetapi  dari dari kita belum banyak yang mengatahui menganai dana kesehatan yang sesungguhnya.

Sejak tahun 1974 dana sehat yang telah dilakukan melalui pendekatan PKMD atau pembangunan kesehatan masyarakat desa telah menimbulkan kemarakan yang berdampak positif pada era seperti ini. Meskipun pada saat ini masih digunakan cara yang sederhana seperti jimpitan beras pada tiap-tiap kepala keluarga, sumbangan keluarga, arisan sehat, arisan keluarga, dan ada banyak lagi.

Dalam pelaksanaannya sendiri berdasarkan upaya paripura. Dari upaya paripurna sendiri terdiri dari berbagai upaya yang meliputi:

  1. Promotif
  2. Preventif
  3. Kuratif
  4. Rehabilitatif

Selain itu dari pelaksanaan yang ada pada dana kesehatan dilakukan secara berkesinambungan dan terpadu dengan mutu dan tujuan yang dapat terjamin untuk semua orang. JPKM merupakan landasan bagi setiap penyelenggaraan upaya pemulihan kesehatan yang berazaskan usaha bersama dan kekeluargaan dan pembiayaannya dilaksanakan secara pra upaya.

Pada dasarnya program JPKM merupakan pemeliharaan kesehatan yang ditujukan langsung pada peserta dalam bidang penyelenggaraan dan pembiayaan berdasarkan jaminan yang ada dengan daya guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Alasan mengapa JPKM dapat ditempatkan pada program kesehatan karena program tersebut mampu memelihara kesehatan masyarakat dengan efektif, efisien, dan optimal. Selain itu program JPKM memberikan kontribusi yang sangat luas untuk masyarakat.

Dalam rangka pelaksanaannya sendiri juga membutuhkan dukungan serta partisipasi yang penuh dari masyarakat. Sehingga tujuan yang hendak dicapai dapat terwujud secara optimal.

Dari ulasan yang ada di atas dapat disimpulkan bahwa:

Dana kesehatan merupakan suatu bentuk daya dan upaya pemeliharaan kesehatan masyarakat yang pengadaannya dari, oleh dan untuk masyarakat juga. Asas yang diguankan dalam dana kesehatan juga berdasarkann kekeluargaan sehingga tujuannya semakin jelas yaitu untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

Demikian artikel yang berjudul Pengertian Dana Sehat dalam Program JPKM. Semoga artikel yang Kami sajikan mampu memberikan wawasan untuk Anda.

Artikel Yang Terkait:

Incoming search terms:

Leave a Reply