HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian dan Sifat Basil Tahan Asam | Glosarium

Basil Tahan Asam Pengertian dan Sifat Basil Tahan Asam | Glosarium

Basil Tahan Asam

Basil Tahan Asam ~Basil tahan asam merupakan sejenis bakteri yang telah dilakukan proses pewarnaan dengan berbagai zat warna secara permanen dan memiliki sifat yang asam atau alkohol. Contoh: Mycobacterium tuberculosis (penyebab TBC) dan Mycobacterium leprae (penyebab kusta).

Basil tahan asam juga dapat dikatakan sebagai bakteri yang memiliki kandungan lemak sangat tebal sehingga dalam pewarnaannya tidak dapt dipengaruhi oleh reaksi pewarna lainnya. Pada kelompok bakteri tersebut disebut dengan bakteri tahan asam (BTA), pada saat pencucuian pertama dapat mempertahankan warnanya dengan pelarut pemucat.  Golongan bakteri ini biasanya bersifat patogen pada manusia contohnya adalah Mycobacterium tuberculosis.

Bakteri Mycobacterium tuberculosis dapat diisolasi dari sputum penderita TBC. Pada bakteri tersebut jika dilakukan reaksi pewarnaan akan menghasilkan warna merah, dengan kata lain bakteri TBC memilki warna yang merah jika sudah dinyatakan postif.

Bakteri yang ada selain dapat menyerang manusia juga dapat menyerang hewan. Diantara hewan-hewan tersebut seperti marmut dan kera. Penularan pada bekteri tersebut dapat melalui udara dan masuk kesaluran pernafasan.

Bakteri tahan asam dapat diamati dengan teknik pewarnaan Ziehl Neelson, Kinyoun Gabber, dan Fluorochrom. Pengambilan sputum (sekret paru-paru atau ludah) untuk analisis tuberculosis dapat dilakukan setiap saat dikenal ada 3 jenis sputum:

  • Sputum pagi adalah sputum yang dikeluarkan oleh penderita pada saat bangun pagi.
  • Spot sputum adalah sputum yang dikeluarkan pada saat itu.
  • Collection sputum adalah sputum yang keluar dan ditampung selama 24 jam.

Sputum yang telah diperoleh dapat disimpan dalam lemari es selama satu minggu.

Demikian artikle yang berjudul Pengertian dan Sifat Basil Tahan Asam. Semoga artikel yang Kami sajikan mampu memberikan wawasan yang lebih luas lagi.

Incoming search terms:

Leave a Reply