HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengendalian Infeksi Nosokomial dengan Penerapan Standar Pelayanan

Pengendalian Infeksi Nosokomial   Pengendalian Infeksi Nosokomial  dengan Penerapan Standar Pelayanan

Pengendalian Infeksi Nosokomial

Pengendalian Infeksi Nosokomial ~ Kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan serta pembinaan dalam upaya menurunkan angka kejadian infeksi nosokomial di rumah sakit. Tingginya potensi infeksi nosokomial di rumah sakit yang mengancam kesehatan pasien, pengunjung, dan paramedis menuntut penerapan standar pelayanan secara baik. Salah satu cara pencegahannya adalah mencuci tangan.

Potensi infeksi nosokominal selalu ada di sekitar lingkungan kita untuk itu disarankan agar mencuci tangan setelah melakukan kegiatan apapun sehingga dapat mencegah dampak dari infeksi yang sangat buruk .Infeksi nosokomial adalah infeksi yang berlangsung atau didapat di rumah sakit (healthcare associated infections).

Sutanto menjelakan bahwa infeksi yang sering terjadi selama ini cenderung pada infeki yang terjadi pada saluran kemih. Selain itu saluran pernafasan juga paling sering diserang oleh berbagi infeksi. Hal tersebut tentu saja bisa terjadi mengingat bahwa makanan yang masuk pada mulut kita akan melalui saluran pernafasan yaitu kerongkongan.

Lebih lanjut lagi Sutanto menjelaskan bahwa peredaran kuman yang ada pada tangan merupakan bahaya yang mengancam dan salah satu faktor utama penyebab infeksi.  Standart Organisasi Kesehatan Dunia yaitu WHO mejelaskan bahwa :

Paramedis diwajibkan mencuci tangan pada lima saat penting, yaitu sebelum menemui pasien, setelah menemui pasien, sebelum melakukan tindakan medis, setelah menyentuh lokasi perawatan pasien, dan setelah membersihkan peralatan medis.

Leave a Reply