HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pembahasan Lengkap Teori Sistem Informasi Kepegawaian Menurut Para Ahli dan Contoh Tesis Sistem Informasi Kepegawaian

Gambaran dari Sistem Informasi Kepegawaian

Definisi Sistem Informasi Kepegawaian

SIM Kepegawaian adalah suatu Sistem Informasi yang dibangun untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam mengatasi masalah management kepegawaian, SIM kepegawaian yang SEVIMA kembangkan bersifat webbased sehingga bisa diakses dimanapun menggunakan internet.

Administrasi kepegawaian pada dasarnya adalah proses yang paling dasar dalam pengumpulan informasi yang  berhubungan dengan sistem kepegawaian dimana hal ini dilakukan dengan pengumpulan informasi yang berhubungan dengan kelengkapan atau perlengkapan dari administrasi umum yang berhubungan dengan seorang personal.

 

 

Pembahasan Lengkap Teori Sistem Informasi Kepegawaian Menurut Para Ahli dan Contoh Tesis Sistem Informasi Kepegawaian

 

SIMPEG (Sistem Informasi Manajemen Pegawai) didefinisikan sebagai Sistem Informasi terpadu, yang meliputi pendataan pegawai, pengolahan data, prosedur, tata kerja, sumber daya manusia dan teknologi informasi untuk menghasilkan informasi yang cepat, lengkap dan akurat dalam rangka mendukung administrasi kepegawaian. (Priyanto, 2008). SIMPEG sebagai aplikasi penyedia informasi kepegawaian menangani manajemen data kepegawaian yang memiliki banyak kelebihan dengan kemampuan sebagai berikut :

  1. Pemrosesan data informasi kepegawaian yang cepat dengan komputerisasi pemrosesan data dapat dilakukan dengan cepat.
  2. Informasi yang diproses akurat karena adanya berbagai validasi dan control.
  3. Informasi yang disampaikan lebih ringkas dan dapat dicari dengan cepat karena tersimpan dalam media penyimpanan yang dapat diakses setiap saat.
  4. Informasi lebih terjamin keamanannya, dengan adanya validasi pemakai dan level tingkat pemakai, sehingga hanya pemakai yang berhak saja yang bisa menggunakan informasi kepegawaian.
  5. Pemeliharaan informasi kepegawaian relatif mudah dan sederhana serta dapat digunakan untuk mengukur kinerja pegawai dalam mengolah dan menjalankan proses-proses kepegawaian.

Tujuan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian

Secara umum Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian dalam lingkup pemerintahan dilaksanakan dengan tujuan :

  1. Untuk mendukung Sistem Manajemen Pegawai yang rasional dan pengembangan sumber daya manusia di aparatur pemerintah.
  2. Mewujudkan data kepegawaian yang mutakhir dan terintegrasi.
  3. Menyediakan informasi pegawai yang akurat untuk keperluan perencanaan, pengembangan, kesejahteraan dan pengendalian pegawai.
  4. Membantu kelancaran pekerjaan di bidang kepegawaian.

Manfaat Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian

Pelaksanaan kegiatan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian tidak hanya terbatas pada pengoperasin program untuk memasukkan data, tetapi harus didukung dengan daya kerja yang efisien dan akurat sehingga memiliki manfaat :

  1. Pelacakan informasi data seorang pegawai akan mudah dan cepat.
  2. Pembuatan laporan yang bersifat rutin dan berkala akan cepat dan mudah dikerjakan.
  3. Mengetahui gambaran tentang nama-nama pegawai yang akan pensiun di masa mendatang.
  4. Mengetahui gambaran tentang nama-nama pegawai yang akan naik pangkat dan mengetahui daftar kenaikan gaji berkala di masa mendatang.
  5. Memudahkan suatu pekerjaan yang berhubungan dengan kepegawaian.
  6. Mendapatkan informasi tentang keadaan pegawai dengan cepat dan akurat.
  7. Mengetahui dan merencanakan penyebaran pegawai.
  8. Merencanakan penerimaan pegawai baru

Teori-teori dari gambar Sistem Informasi Kepegawaian

Aplikasi SIMPEG

Aplikasi SIMPEG dirancang untuk membantu dan mempermudah tugas-tugas pegawai yang berkaitan dengan kepegawaian, antara lain :

  1. Menyediakan informasi kepegawaian yang cepat, tepat, akurat dan up to date
  2. Menyediakan proses pencarian data berdasarkan kriteria-kriteria tertentu
  3. Melakukan tugas-tugas rutin update data kepegawaian, misalnya update data kegiatan pegawai, meng-upload dan mengelola dokumen kegiatan ataupun berkas usulan, menangani kenaikan pangkat, penilaian angka kredit, kenaikan jabatan, penanganan surat masuk dan keluar.
  4. Transfer data kepegawaian antar bagian.

Pembahasan Lengkap Teori Sistem Informasi Kepegawaian Menurut Para Ahli dan Contoh Tesis Sistem Informasi Kepegawaian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelebihan SIM Kepegawaian SEVIMA

  1. SIM Kepegawaian yang dikembangkan oleh Sevima berbasis web, sehingga bisa diakses dari manapun melalui jaringan internet.
  2. Disertai dengan keamanan data dan pencatatan log user yang melakukan transaksi aplikasi. Sehingga lebih aman dan bisa dilakuan proses monitoring dan kontrol data.
  3. Terdapat menu laporan yang bisa dikonversi tipe dokumen menjadi dokumen word, excel dan pdf.
  4. Fitur pencarian data dan sorting data tiap halaman, sehingga memudahkan user untuk melakukan pencarian data yang diinginkan serta sorting data.
  5. Aplikasi yang dikembangkan saat ini sudah support Mobile Responsive Website sehingga bisa dibuka melalui Smartphone dengan tampilan yang responsif.

Contoh Tesis yang membahas tentang Sistem Informasi Kepegawaian

Contoh Tesis 1 : Pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNIVERSITAS LAMPUNG

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung adalah lembaga yang mengolah data kepegawaian FMIPA Universitas Lampung. Dalam prosesnya, pengolahan data pegawai masih dilakukan secara manual. Hal itu menyebabkan sulitnya untuk mencari data umum yang ada di dalam berkas kepegawaian. Berkas kepegawaian tersebut juga masih diletakkan secara terpisah. Dalam penelitian ini, penulis membangun suatu pengembangan sistem informasi berbasis web yang dapat membantu proses pengolahan data secara cepat. Metode pengembangan dalam pembuatan sistem menggunakan Waterfall. Hasil dari penelitian ini telah dibangun Sistem Informasi Kepegawaian Berbasis Web yang dapat digunakan untuk kegiatan pengolahan data pegawai supaya cepat dan akurat.

Contoh Tesis 2 : Perancangan Sistem Informasi Kepegawaian di PT. DIAR PATRIA PROPERINDO SURABAYA

DIAR PATRIA PROPERINDO adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa properti dan kebersihan gedung. Pada perusahaan ini pada sistem kepegawaian masih dilakukan secara manual pada departemen masing-masing, sehingga menyebabkan terlambatnya informasi penerimaan karyawan baru.

Untuk memenuhi kebutuhan akan informasi ini, maka perlu dikembangkan suatu Sistem kepegawaian yang memadai sehingga dapat memberikan informasi yang lebih baik. Perancangan Sistem kepegawaian berbasis komputer ini diharapkan mampu menjawab permasalahan yang ada mengenai sistem kepegawaian yang terkomputerisasi sehingga akan mempermudah tugas operator dalam menghasilkan sistem informasi yang akurat, tepat waktu, dan relevan sehingga dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.

 

Contoh Tesis 3 : Sistem Informasi Kepegawaian di Kelurahan Sari Rejo Kecamatan Medan Polonia Menggunakan Visual Basic 6.0

Kajian ini bertujuan untuk mengembangkan serta memperbaharui sistem pemrosesan data berdasarkan sistem informasi. Sistem ini dikembangkan menggunakan perangkat lunak Microsoft Visual Basic 6.0. Dengan demikian, perancangan suatu sistem informasi memerlukan data dan informasi yang akurat agar sistem informasi yang dirancang dapat memenuhi kebutuhan sesuai yang diinginkan. Untuk itu penulis akan membahas Sistem Informasi Kepegawaian Di Kelurahan Sari Rejo Kacamatan Medan Polonia Menggunakan Visual Basic 6.0.

 

Contoh Tesis 4 : Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pegawai Pada Kantor Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone Berbasis WEB

Pengelolaan administrasi kepegawaian pada kantor kecamatan Ajangale kab. Bone belum efisien dan akurat selama ini pengelolaan administrasi sering terjadi penumpukan data atau bahkan kehilangan data. Selain itu masalah terjadi pada sumber daya manusia (SDM) dimana kemampuan SDM di kecamatan Ajangale dalam pengolahan data khususnya administrasi pegawai belum optimal. Sebuah organisasi/institusi dikatakan dapat berjalan dengan baik apabila aktivitas administrasi kepegawaiannya juga berjalan dengan baik. Salah satu cara agar aktivitas administrasi dapat berjalan dengan baik adalah dengan pemanfaatan teknologi di dalamnya. Dengan pemanfaatan teknologi, efiktifitas berbagai aspek pengelolaan informasi administrasi yang ditunjukkan. Oleh kecepatan dan ketepatan waktu pemrosesan, serta ketelitian dan kebenaran informasi (validitas) dapat ditingkatkan. Implementasi penelitian ini dikembangkan menggunakan metode penelitian waterfall model dan menggunakan bahasa pemrograman php dengan mysql sebagai basisdatanya. Sistem ini memiliki kemampuan untuk mengelolah data pegawai yang ada di Kantor Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone. Selain itu sistem ini juga mengelolah data absensi dan mencetak laporan yang berkaitan dengan rekap total gaji pegawai pergolongan dan rekap gaji honorer kecamatan. Sistem ini nantinya diharapkan dapat membantu kinerja pegawai kecamatan Ajangale dalam menyelenggarakan kegiatannya di kantor kecamatan Ajangale Kabupaten Bone.

 

Contoh Tesis 5 : Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Berbasis Web pada PT Bintang Baru Sejati Palembang

Sistem Informasi Manajemen merupakan penerapan sistem informasi di dalam organisasi untuk mendukung informasi-informasi yang dibutuhkan oleh semua tingkatan manajemen. Tujuan skripsi ini adalah untuk merancang sistem informasi manajemen kepegawaian pada PT Bintang Baru Sejati Palembang. Metode yang digunakan adalah metode FAST (Framework for the Application of System Thinking). Perancangan dan inplementasi akan dilakukan dengan bahasa pemrograman PHP (Personal Home Page) yang kini lebih dikenal dengan Hypertext Preprocessing dan basis data MySQL (Structure Query Language). Sistem ini diharapkan dapat membantu manajer puncak pada PT Bintang Baru Sejati Palembang dalam pengelolaan kepegawaian.

 

Contoh Tesis 6 : Sistem Informasi Kepegawaian Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Sukodono Berbasis Web

Sistem informasi kepegawaian pada suatu instansi seringkali masih bersifat manual. Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sukodono merupakan sekolah yang memerlukan suatu sistem informasi untuk mempermudah pengolahan data pegawai. Pengolahan data pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sukodono masih dilakukan secara manual atau menggunakan microsoft word terutama pada bagian kepegawaian yang mengolah semua data pegawai. Kegiatan pengolahan data pegawai merupakan kegiatan yang cukup menghabiskan waktu bagi pihak administrasi, padahal kegiatan ini sangatlah penting untuk mengetahui identitas para pegawai. Pengolahan data yang dilakukan secara konvensional belum memiliki suatu database sebagai media penyimpanan data. Oleh karena itu tugas akhir yang berjudul Sistem Informasi Kepegawaian Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sukodono Berbasis Web ini dirancang untuk menghasilkan suatu sistem informasi berupa data pegawai yang akurat, serta lebih mudah diaplikasikan karena sistem informasi sudah berbasis online. Sistem informasi kepegawaian ini merupakan suatu media yang mengurusi pengolahan dan penyimpanan data pegawai yang dibuat dengan menggunakan rekayasa perangkat lunak dengan metode waterfall, dan diimplementasikan dengan menggunakan XAMPP dengan bahasa pemrogaman PHP, sedangkan untuk databasenya menggunakan MYSql.

Contoh Tesis 7 : Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Pada Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Kabupaten Enrekang

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan sistem informasi manajemen kepegawaian pada badan kepegawaian dan diklat daerah Kabupaten Enrekang.

Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dimana dalam penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif yaitu untuk mengetahui atau menggambarkan kenyataan dari kejadian yang diteliti. teknik pengumpulan data melalui wawancara kepada informan yang dianggap berpotensi untuk memberikan informasi terkait dengan hal yang diteliti, juga melalui observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penerapan sistem informasi manajemen kepegawaian pada badan kepegawaian dan diklat daerah Kabupaten Enrekang yang di lihat dari empat kriteria yaitu adaptasi, integrasi, dan produksi belum efektif. Hal ini dibuktikan dengan berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan, pada kriteria adaptasi dan motivasi belum efektif karena pada instansi tersebut jumlah operator yang mampu mengoperasikan aplikasi dengan teknologi yang tersedia masih sangat terbatas dan pengadaan pelatihan kepada staff- staff pengolah data yang tidak rutin serta belum efektif dalam penyediaan sarana dan prasarana teknologi informasi dalam hal ini masih kekurangan komputer untuk pengolahan data.

 

Contoh Tesis 8 : Pengembangan Sistem Informasi Kepegawaian pada Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Garut

Permasalahan yang terjadi saat ini yaitu mengenai fitur kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala dan pensiun dimana saat ini pada pencarian data pegawai dan hitung tahun masih mengacu pada buku manual. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode Unified Software Development Procces. Adapun tahapan-tahapan dari metode Unified Software Development Procces dibagi menjadi beberapa bagian model atau tahapan yaitu model analisis, model perancangan, model implementasi, model development dan model pengujian. Metode Unified Software Development Procces merupakan salah satu metode pengembangan rekayasa perangkat lunak berorientasi objek yang secara konsisten beradaptasi dengan semakin besar serta semakin kopleks aplikasi/perangkat lunak yang dikembangkan. Sistem informasi kepegawaian ini menyediakan fitur-fitur yang berupa kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala dan pensiun. Sstem informasi kepegawaian juga menyediakan informasi untuk melakukan pencarian data pegawai dan hitung tahun. Dengan adanya system informasi kepegawaian pada dinas perindustrian, perdagangan dan pengelolaan pasar dapat membantu pengerjaan staff sub bag umum dan kepegawaian.

 

Contoh Tesis 9 : Sistem Informasi Kepegawaian Outsourcing Berbasis WEB PADA PT. SUPRACO INDONESIA JAKARTA

Sistem informasi kepegawaian yang berjalan masih menggunakan cara manual dari mulai pengisian formulir karyawan, formulir pengajuan cuti dan formulir pengajuan perjalanan dinas yang semuanya masih menggunakan media kertas. Terlebih lagi semua dokumen tersebut harus dikirimkan langsung ke kantor untuk dapat diproses lebih lanjut. Seiring berkembangnya jalan dengan kemudahan akses internet dimanapun kita berada, pembuatan suatu sistem berbasis web akan sangat membantu dalam mengakses setiap informasi yang diperlukan. Aplikasi web yang dibangun menggunakan dukungan bahasa script PHP, serta MSQL database server sebagai media dalam pembuatan sistem informasi ini.

Contoh Tesis 10 : Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Purbalingga

Hasil penelitian menunjukkan bahwa program yang dirancang terdiri dari proses entry data, search data, dan laporan (report). Untuk menjamin keamanan data, pembedaan hak akses pada masing-masing user dibedakan. Selain itu dalam program aplikasi dilengkapi dengan program backup database yang akan menggandakan file database utama ke dalam directory yang lain. Untuk mempermudah pendistribusian laporan, maka program aplikasi dilengkapi dengan report yang dirancang dengan Crystal Report 8.5, sehingga pemakai tinggal menekan icon printer untuk melakukan pencetakan ke dalam dokumen. Tampilan program cukup sederhana akan tetapi dalam hal cara penggunaan program perlu perhatian khusus. Oleh karena itu pemakai perlu membaca cara penggunaan program yang dapat dipelajari pada file Help yang ada pada CD Instalasi. Setelah dilakukan pengujian, program hasil perancangan dapat digunakan untuk diterapkan pada objek penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas maka dapat disarankan bahwa untuk kedepannya program yang peneliti buat sebaiknya perlu dikembangkan lagi dengan menambahkan proses compact data (pemadatan data pada database) dalam program aplikasi.

 

Leave a Reply

×
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?