HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pelayanan Perinatal Resiko Tinggi (PRT) dan Kriteria Pelaksanaan

Pelayanan Perinatal Resiko Tinggi (PRT)  Pelayanan Perinatal Resiko Tinggi (PRT) dan Kriteria Pelaksanaan

Pelayanan Perinatal Resiko Tinggi (PRT)

Pelayanan Perinatal Resiko Tinggi (PRT) ~ Pelayanan Perinatal Resiko Tinggi (PRT) meruppakan salah satu upaya yang berupa pelayanan kepada ibu dan bayinya agar dapat tumbuh serta berkembang dengan cara yang baik dan normal.

Tujuan dari diadakannya suatu pelayanan tersebut tentu saja agar ibu dan sang jabang bayi yang telah dilahirkannya terhindar dari resiko morbiditas dan mortalitas.

Pelayanan perinatala resiko tinggi juga harus dilakukan seoptimal mungkin. Agar pelayanan dapat berjalan semaksimal serta seoptimal mungkin dibutuhkannya suatu kriteria yang nantinya akan dijadikan suatu pedoman tersendiri bagi pihak pelaksana. Adapun kriteria dari pelayanan prinatal resiko tinggi meliputi:

  1. Hanya diberikan kepada ibu lahir atau bayi yang baru saja lahir, dengan tujuan menghindari morbiditas dan morrtalitas.
  2. pengelompokkan perinatal dilakukan sebagik mungkin dan pelaksanaannya harus seoptimal mungkin.

Adapun yang dimaksud dengan pengelompokkan ialaha pembegaian pelayanan berdasarkan tingkat kebutuhan ibu da bayi tersebut. Biasanya pengelompokkan PRT dibagi menjadi:

  1. Perawatan Perinatal Tingkat I
  2. Perawatan Perinatal Tingkat II
  3. Perawatan Perinatal Tingkat III

Perawatan Perinatal Tingkat I merupakan perawatan yang diberikan kepada ibu dan sanga jabang bayi pada resiko yang relatif ringan. Misalnya kehamilan ibu yang mengalami sedikit komplikai atau bayi yang baru lahir normal. Sedangkan Perawatan perinatal III merupakan perawatan yang diberikan kepada ibu maupun bayi pada tingkat resiko yang relatif tinggi dan tentu saja diprasaranai oleh fasilitas neonatal intensif.

Pelayanan perinatal resiko tinggi tentu saja dipimpin oleh dokter serta tenaga medis lainnya seperti perawat, paramedis non perawat, dan teaga medis lainnya yang dapat menjamin kualitas pelayanan tersebut.

Pelayanan yang baik tentu saja diselingi dengan fasilitas yang baik pula, baik itu dari program atau segi kepelatihan pelaksana. Adapun kriteria berkualitas pelayanan meliputi:

  1. Lokasi
  2. Kelengkapan ruangan
  3. Buku inventaris

Demikian artikel yang berjudul Pelayanan Perinatal Resiko Tinggi Berserta Kriterianya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply