HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Leptospirosis dan Cara Penularannya

Leptospirosis  Leptospirosis dan Cara Penularannya

Leptospirosis

Leptospirosis ~Leptospirosis adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh terinfeksinya bakteri leptospira kedalam tubuh manusia yang ditandai dengan berbagai gejala demam, sakit kepala, mual serta nyeri pada otot sehingga menyebabkan pembesaran hati.

Pada umumnya bakteri leptospira menular pada daerah kulit yang terluka, akan tetapi bakteri tersebut bisa masuk melalui mulut, mata serta hidung.

Bakteri leptospira pada dasarnya mampu bertahan hidup dalam ginjal hewan dalam waktu yang relatif lama. Sehingga penuaran yang terjadi banyak melalui air seni dari hewan tersebut. Air seni yang menularkan bakteri leptospira biasanya banyak terjadi pada penularan air seni tikus yang sedang sakit.

Bakteri yang ada pada air seni tikus ditularkan pada media berupa air, tanah, makanan, minuman, tanaman, dan daerah yang lembab. Meskipun tikus merupakan sumber utama menularnya penyakit leptospirosis, ada pula hewan lainnya yang berpotensi menularkan penyakit leptospirosis yaitu pada kucing, anjing, sapi, domba, dan babi.

Meskipun manusia memiliki sedikit kemungkinan untuk tidak menularkan bakteri leptospira, akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa manusia juga dapat menularkan bekteri tersebut. Pada manusia leptospira dapat ditularkan melalui ASI ibu yang sedang sakit. Dalam hal ini yang memiliki resiko tingii untuk tertular penyakit leptospirosis ialah:

  1. Pekerjaan yang memiliki kontak langsung dengan air, tanah, dan lumpur
  2. Pekerjaan yang memiliki intensitas tinggi terhadap hewan
  3. Adanya individu yang terpuruk dalam genangan air atau abnjir
  4. Peserta camping dan wisata pada perkebunan.

Gejala yang ditujukan oleh leptospirosis memang tidak memiliki ciri khas seperti penyakit lainnya. Akan tetapi perlu diketahui bahwa leptospirosis memiliki ciri-ciri seperti penyakit tifus, influenza.

Dari itu, jika seseorang mengalami geja yang telah ditujukan akan lebih baik jika sesegera mungkin memeriksakannya ke dokter agar dilakukan pemeriksaan.

Leptospirosis akan membahayakan agi amnusia karena penyakit tersebut dapat merusak organ yang ada pada manusia. Perusakan organ tersebut dapat berbentuk:

  1. Mata kuning karena radang hati (hepatitis)
  2. Radang selaput otak (meningitis)
  3. Radang ginjal sampai gagal ginjal
  4. Radang dan perdarahan paru
  5. Perdarahan karena pembuluh draha mudah pecah Kematian

Jika sudah dinyatakan psitif terserang penyakit leptospirosis penderita akan disarankan untuk menjalani rawat inap di rumah sakit demi memperoleh perawatan yang khusus. Penanganan atas penderita juga harus diselingi oleh pola hidup yang sehat serta lingkungan yang layak untuk ditempat tinggali.

Incoming search terms:

Leave a Reply