HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Keracunan Makanan

Keracunan Makanan  Keracunan Makanan

Keracunan Makanan

Keracunan Makanan ~ Pernahkah Anda mengalami suatu kondisi tidak sehat setelah mengkonsumsi suatu makanan tertentu ?. Keadaan kesehtan tersebut juga sebagian besar berdampak buruk bagi pencernaan. Kejadian inilah yang sering disebut dengan keracunan makanan.

Keracunan makanan merupakan suatu kejadian dimana terdapat lebih dari satu orang mengalmi kondisi yang sama akibat setelah mengkonsumsi makanan tertentu dan secara resmi dinyatakan bahwa makanan tersebut sebagi sumber keracunan.

Keracunan makanan sangat berdampak bagi tiap individu yang mengalaminya. Hal tersebut sangat mempengaruhi fungsi sosial yang ada. Keracunan makanan dicurigai jika minimal dua orang terpengaruh dan terkontaminasi makanan atau air diidentifikasi sebagai sumber infeksi.

Pada umumnya makanan yang berpotensi menularkan racun sehingga menimbulkan infeksi ialah makanan:

  1. Daging sapi, kamning, dan unggas
  2. Makanan yang terlalu banyak terkontaminasi dengan air
  3. Makanan yang mengandung mayonaise
  4. daging mentah atau yang telah matang
  5. Ikan, dan seafood lainnya.

Makanan yang dapat menybabkan keracunan pada umumnya mengandung kuman seperti kuman Campylobacter enteritis, kolera, E. coli enteritis, Staphylococcus aureus, Shigella, Listeria dll.

Siapa saja dapat memiliki potensi untuk mengalami keracunan makanan. Akan tetapi ada ebrapa golongan yang rentan terkena keracunan makanan, meliputi:

  1. Orang yang memiliki kekebalan rendah
  2. Orang yang memiliki riwayat sakit ginjal
  3. Orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes
  4. Ibu hamil
  5. Bayi yang tergolong mudah

Akan tetapi pada dasarnya keracunan makanan juga melibatkan unsur kimia, yang tidak semestinya ikut tercampur atau sebagai bahan makanan. Scombroid keracunan terjadi karena besar pelepasan histamin kimia dari ikan ketika itu dimakan.

Pada kasus tersebut mengakibatkan berbagai reaksi yang dapat menimbulkan alergi makanan yang parah. Dengan cri khusus yang terjadi berupa pembekakkan wajah, gatal-gatal, sesak nafas, kesulitan menelan. Hal tersebut dapat mempengaruhi kematian akibat tersedak.

Bentuk umum dari keracunan makanan diperlihatkan pada rasa sakit yang ada pada pencernaan yang pada akibatnya dapat menimbulkan rasa mual, muntah, diare, klemahan dan berujung pada demam.

Demikian artikel yang berjudul Keracunan Makanan. Semoga artikel yang Kami sajikan mampu menambah luas wawasan Anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply