HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Kedokteran Keluarga

Kedokteran Keluarga Kedokteran Keluarga

Kedokteran Keluarga

Kedokteran Keluarga~ Suatu upaya pelayanan kesehatan secara paripurna yang memusatkan layanannya kepada setiap individu dalam suatu keluarga binaan.Pelayanan dokter keluarga adalah upaya kesehatan dasar paripurna, mencakup semua kebutuhan dasar kesehatan dalam keluarga, yang berkembang sesuai dengan perkembangan kesehatan untuk pelbagai kelompok umur termasuk tindakan pertolongan gawat darurat dan bedah minor, yang mencakup rawat jalan, rawat di rumah dan pendampingan/pasca rawat inap yang sesuai dengan kebutuhan/indikasi medik dan kewenangannya.

Dengan memusatkan sasarannya kepada kepada keluarga, dokter keluarga mengisi salah satu simpul yang merupakan salah satu alternatif dalam jaringan pelayanan kesehatan. Dan salah satu ciri-ciri dari Dokter Keluarga adalah memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus kedokteran keluarga dan kesehatan keluarga yang diperoleh melalui pendidikan dan pelatihan khusus dengan pendalaman di bidang ilmu bedah, ilmu kebidanan dan kandungan, kesehatan anak dan penyakit dalam.

Kesiapan untuk terselenggaranya Jaminan Kesehatan Nasional tidak hanya dari unsur kebijakan saja tetapi juga dari sumber daya manusia, fasilitas pelayanan kesehatan dan infra struktur lainnya. Sumber daya manusia yang kompeten dan sarana prasarana yang sesuai dengan standar yang ditetapkan serta jumlah yang cukup, sistem pendekatan pelayanannya juga merupakan satu hal yang penting. Menghadapi sistem jaminan kesehatan nasional ini dibutuhkan dokter-dokter di layanan tingkat primer yang dapat mengendalikan biaya dan mutu kesehatan yang merata dan terjangkau.

 

Leave a Reply