HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Kedaruratan Kompleks Menurut Undang-undang

Kedaruratan Kompleks  Kedaruratan Kompleks Menurut Undang-undang

Kedaruratan Kompleks

Kedaruratan Kompleks ~ Kedaruratan Kompleks merupakan salah satu situasi yanga ada pada korban untuk mendapatkan bantuan serta pertolongan dengan respon yang cepat berdasarkan pertimbangan politik tinggi.

Kedaruratan kompleks pada intinya memiliki sifat yang urgent, pada tingkat tertentu suatu negara akan mengalami ketidakstabilan yang beragam dan dapat menyebabkan meurunya kontrol pemerintahan yang berdampak langsung pada wibawa suatu negara.

Salah satu ciri utama dari kedarutan kompleks adalah perlindungan yang ada pada suatu warga negara, akibat kekerasan umum berupa kekerasan pada manusia, lingkungan, harta benda sampai dengan infrastuktur. Sehingga kekerasan tadi memiliki dampak yang buruk pada suatu kematian (Sumber : http://idtesis.com).

Dari kedarutan kompleks ada selalu mengakibatkan berbagai kerugian yang ada. Misalnya saja pada bencana alam yang disebabkan oleh faktor geologi, kegagalan teknologi, faktor biologi dan masih banyak lagi.

Bencana alam ulah manusia terkait dengan konflik antar manusia akibat  perebutan sumberdaya yang terbatas, alasan ideologi, religius serta politik. Sedangkan kedaruratan kompleks merupakan kombinasi dari situasi bencana pada suatu daerah konflik.

Dalam penanggulangan kompleksitas yang ada dari suatu keadaan tersebut dibutuhkan perencanaan yang matang dalam penanggulangan.

Penanggulangan yang dilakukan selama ini belum didasarkan pada langkah-langkah yang sistematis dan terencana, sehingga sering kali terjadi tumpang tindih bahkan terdapat langkah upaya yang penting tidak tertangani.

Hal tersebut sudah diatur dalam UU No.24 tahun 2007 yaitu (Sumber : http://idtesis.com):

Setiap daerah dalam upaya penanggulangan bencana, mempunyai  perencanaan penanggulangan bencana. Secara lebih rinci disebutkan di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 21 tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana.

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)