HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Pendanaan

Contoh Tesis – Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Pendanaan

faktor yang mempengaruhi kebijkan pendanaan Tesis Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Pendanaan

 A. Latar Belakang Masalah

Penelitian ini akan mencoba mempelajari kebijakan pendanaan pada perusahaan yang masuk dalam indeks LQ45. Pemilihan indeks LQ45 tersebut mewakili perusahaan besar yang memiliki prospek cerah dan selalu masuk dalam peringkat teratas dalam perdagangan di BEI. Indeks LQ45 sendiri memiliki

beberapa kriteria untuk menyeleksi semua perusahaan yang terdaftar dalam bursa menjadi 45 perusahaan, kriteria tersebut antara lain (Factbook, 2011): 1) Masuk dalam top 60 dari total transaksi saham di pasar reguler (rata-rata nilai transaksi selama 12 bulan terakhir), 2) Masuk dalam ranking yang didasarkan pada nilai kapitalisasi pasar (rata-rata kapitalisasi pasar selama 12 bulan terakhir), 3) Telah tercatat di BEJ sekurang-kurangnya 3 bulan, dan 4) Kondisi keuangan perusahaan, prospek pertumbuhan perusahaan, frekuensi dan jumlah transaksi di pasar reguler.

 

Berdasarkan pada pemaparan di atas, maka peneliti bermaksud melakukan penelitian mengenai keterkaitan dan pengaruh antara profitabilitas, risiko bisnis, kepemilikan manajerial, pertumbuhan, ukuran perusahaan, dan struktur aktiva terhadap struktur modal. Maka penelitian ini akan mengambil judul ”ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN PENDANAAN” (Studi pada Perusahaan yang Masuk Indeks LQ45).

 

B. Perumusan Masalah

Dari latar belakang masalah yang diuraikan di atas, maka masalah yang akan dianalisis dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut:

Apakah profitabilitas, ukuran perusahaan, risiko bisnis, pertumbuhan, kepemilikan manajerial, dan struktur aktiva berpengaruh terhadap struktur modal pada perusahaan yang masuk dalam indeks LQ45?

 

C. Tujuan Penelitian

Sejalan dengan rumusan masalah di atas, maka penelitian ini menurunkan tujuan sebagai berikut: Untuk mengetahui pengaruh variabel profitabilitas, ukuran perusahaan, risiko bisnis, pertumbuhan, kepemilikan manajerial, dan struktur aktiva terhadap struktur modal pada perusahaan yang masuk dalam indeks LQ45.

 

D. Kesimpulan

Berdasarkan analisis yang telah dilakukan pada Bab IV, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut:

  1. Berdasar pada pengujian hipotesis H1 menunjukan bahwa secara pasial variabel profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap variabel struktur modal. Hal itu dibuktikan dengan tingkat signifikansi variabel profitabilitas yang lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000, dan nilai koefisien profitabilitas sebesar -0,766.
  2. Berdasarkan pengujian H2 menunjukan secara parsial variabel ukuran perusahaan pada indeks LQ45 berpengaruh postif signifikan terhadap struktur modal. Hal tersebut dibuktikan dengan tingkat signifikansi variabel ukuran perusahaan sebesar 0,000 yang kurang dari 0,05 dan koefisien ukuran perusahaan sebesar 0,102.
  3. Berdasar pada pengujian hipotesis H3, H4, dan H5 menunjukan bahwa secara parsial variabel risiko bisnis, pertumbuhan, dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel struktur modal. Hal itu dibuktikan dengan tingkat signifikansi variabel risiko bisnis, pertumbuhan, dan kepemilikan manajerial yang lebih besar dari 0,05 yaitu secara berurutan 0,859; 0,612; dan 0,461.
  4. Berdasarkan pengujian H6 menunjukan secara parsial variabel struktur aktiva pada indeks LQ45 berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal. Hal ini dapat dibuktikan dengan tingkat signifikansi variabel struktur aktiva sebesar 0,046 yang kurang dari 0,05 dan koefisien variabel struktur aktiva sebesar -2,022.
  5. Variabel-variabel independen dari penelitian ini, seperti: profitabilitas, ukuran perusahaan, risiko bisnis, pertumbuhan, kepemilikan manajerial, dan struktur aktiva secara simultan mempengaruhi variabel dependen atau struktur modal. Hal itu di buktikan dengan nilai signifikansi dalam F-test lebih kecil dari 0,05, yaitu sebesar 0,000.

 

Leave a Reply