HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Definisi Sosiologi Menurut Para Ahli

Sosiologi  Definisi Sosiologi Menurut Para Ahli

Sosiologi

Sosiologi ~ Manusia merupakan makhluk sosial, yang artinya tidak dapat hidup sendiri secara jelasnya manusia membutuhkan orang lain dan saling bergantungan satu sama lain.

Untuk memahaminya individu juga membutuhkan ilmu yang dapat memberikaan pandangan bagaimana individu tersebut bergaul, bersikap, berkata, berdiskusi dan bentuk sosialisasi lainnya dengan individu lainnya.

Ilmu yang dimaksud di atas sering kita ucapkan dengan istilah Sosiologi, dalam tingkat pendidikan tertentu seseorang telah menerima sebagian isi dari sosiologi antara lain cara bersosialisasi dengan individu yang lainnya.

Akan tetapi dengan berkembangnya zaman pada saat ini banyak ornag yang belum mengetahui dengan jelas apa itu Sosiologi. hal tersebut memang bisa saja terjadi mengingat begitu bahyaknya pihak yang mendefinisikannya dengan cara yang berbeda-beda.

Oleh sebab itu Dalam kesempatan kali ini, kami IDtesis akan memberikan wawasan kepada anda tentang definisi dari sosiologi lewat artikel ini.

Sosiologi secara etimologi berasal dari kata socius yang artinya teman dan berasal dari kata logos yang artinya perkataan. Jadi jika digabung akan memiliki artian yang harfiah yaitu membicarakan, memperbincangkan teman pergaulan.

Dengan adanya pengertian secara universal di atas, tidak membuat para ahli mendefinisikannya sama persis dengan pengertian yang telah ada. Salah satunya ialah bapak sosiologi  Auguste Comte.

Auguste Comte merupakan pelopor pertama yanga mengungkapkan tentang sosiologi. Ia berpendapat bahwa sosiologi merupakan studi positif tentang hukum-hukum dasar dari berbagai gejala sosial yang dibedakan menjadi sosiologi statis dan sosiologi dinamis.

Hal senada juga diungkapkan oleh Roucek dan Warren, ia menyatakan bahwa Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antar manusia dalam kelompok.

Akan tetapi hal berbeda juga diungkapkan oleh Soerjono Soekanto, ia menganggap bahwa sosiologi merupakan ilmu yang memahami segala tindakan yang ada pada lingkungan sosial. Tindakan sosial tersebut berorientasi pada perilaku yang ada pada lingkungan sosial tersebut.

Hal tersebut juga didukung oleh Mayor Palok yang mengungkapkan bahwa sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajarai masyarakat secara menyeluruh, yang meliputi hubungannya dengn manusi lainnya.

Sebagai ilmu pengetahuan, sosiologi mengkaji lebih mendalam pada bidangnya dengan cara bervariasi. Misalnya seorang sosiolog mengkaji dan mengamati kenakalan remaja di Indonesia saat ini, mereka akan mengkaji mengapa remaja tersebut nakal, mulai kapan remaja tersebut berperilaku nakal, sampai memberikan alternatif pemecahan masalah tersebut.

Hampir semua gejala sosial yang terjadi di desa maupun di kota baik individu ataupun kelompok, merupakan ruang kajian yang cocok bagi sosiologi, asalkan menggunakan prosedur ilmiah.

Mengingat bahwa sosiologi merupakan ilmu yang mengkaji segala fenomena yang ada dilingkungan sosial, tentu saja ilmu tersebut memilki ruang lingkup yang luas pula. Ruang lingkup beserta kajiannya tersebut dapat dijabarkan sebagi berikut :

  1. Ekonomi
  2. Manajemen
  3. Sejarah

Dalam lingkup ekonomi hal-hal yang dikaji seperti usaha perekonomian yang meliputi produksi, distribusi,dan penggunaan sumber-sumber kekayaan alam.

Incoming search terms:

Leave a Reply