HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com

Pentingnya Penelitian Tindakan Sekolah

 Pentingnya Penelitian Tindakan Sekolah Penelitian tindakan sekolah (PTS) merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja sistem pendidikan, dan mengembangkan manajemen sekolah agar menjadi lebih produktif, efektif, dan efisien. Dengan bersandar pada pendapat Stringer (1996:9) yang mengartikan penelitian tindakan sebagai “diciplined inquiry (research) which seeks focused efforts to improve the quality of people’s organizational, community and family lives”. Disini PTS dapat diartikan sebagai sebuah upaya untuk memperbaiki kondisi dan memecahkan berbagai persoalan pendidikan yang dihadapi di sekolah.

Pengertian tersebut menunjuk pada dua kata kunci yang satu diantaranya harus ada dalam kegiatan penelitian tindakan sekolah, yaitu pemecahan masalah (problem solving) dan peningkatan (improvement) kinerja sistem pendidikan serta manajemen sekolah, yang secara keseluruhan akan berdampak pada peningkatan mutu. Dengan demikian, kehadiran penelitian tindakan sekolah harus dilandasi oleh alasan berikut:

  1. Dirasakan adanya masalah pada sebuah sistem pendidikan  dan manajemen sekolah.
  2. Prestasi kerja (achievement) sistem pendidikan dan manajemen sekolah menurun atau tidak optimal sehingga menghambat peningkatan mutu.

Atas dasar itu, PTS memiliki peran yang sangat penting dalam membangun manajemen sekolah ke arah efektif, memberikan layanan prima kepada stakeholder, dan membangun kerja sama dengan masyarakat sekitar sekolah dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kinerja sistem dalam mewujudkan visi misinya, serta mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan demikian PTS akan sangat membantu meningkatkan produktivitas sekolah.

Penelitian tindakan sekolah merupakan suatu cara memperbaiki dan meningkatkan kepemimpinan pendidikan tingkat sekolah (pengawas dan kepala sekolah) karena pengawas dan kepala sekolah merupakan orang yang paling tahu segala sesuatu yang terjadi di sekolah. PTS dapat dilakukan secara efektif oleh setiap pengawas dan kepala sekolah untuk meningkatkan produktivitas sekolah dan kualitas pendidikan pada umumnya. Oleh karena itu, jika PTS ini dilakukan secara logis dan sistematis, serta jujur dalam pelaporannya, maka akan memberi masukan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas, meningkatkan mutu dan produktivitas, serta memperbaiki manajemen sekolah secara keseluruhan.


Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Current day month ye@r *

Email
Print