HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Bidang Garapan Penelitian Tindakan Sekolah

 Bidang Garapan Penelitian Tindakan SekolahBanyak tema manajemen sekolah yang dapat dijadikan sebagai ajang PTS, misalnya masalah yang berkaitan dengan visi dan misi sekolah, renstra dan renop sekolah, keuangan sekolah, kepala sekolah dan guru, mekanisme penilaian sekolah, kerja sama sekolah dengan masyarakat, dan lalin-lain. Dalam ilmu dan profesi manajemen pendidikan, bidang-bidang yang bisa diteliti melalui PTS tersebut mencakup manajemen kurikulum dan ptorgam pembelajaran, manajemen ketenagaan, manajemen kesiswaan, manajemen keuangan sekolah, manajemen sarana dan prasarana pendidikan, manajemen hubungan sekolah dan masyarakat, serta manajemen pelayanan khusus lembaga pendidikan.

Manajemen kurikulum dan program pembelajaran mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian kurikulum. Manajemen tenaga kependidikan atau manajemen personalia pendidikan bertujuan untuk mendayagunakan tenaga kependidikan serta efektif dan efisien untuk mendayagunakan tenaga kependidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai hasil yang optimal, namun tetap dalam kondisi yang menyenangkan. Manajemen kesiswaan adalah penataan dan pengaturan terhadap kegiatan  dengan peserta didik, mulai masuk sampai dengan keluarnya peserta didik tersebut dari suatu sekolah. Manajemen keuangan sekolah merupakan kegiatan merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi serta mempertanggungjawabkan pengelolaan dana yang bergulir di sekolah secara transparan kepada masyarakat dan pemerintah. Manajemen sarana dan prasarana pendidikan adalah suatu bidang yang mengatur serta menjaga sarana dan prasarana pendidikan agar dapat memberikan kontribusi secara optimal serta berarti pada jalannya proses pendidikan. Kegiatan manajemen ini meliputi kegiatan perencanaan, pengadaan, pengawasan, penyimpanan inventarisasi, dan penghapusan serta penataan. Manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat bertujuan antara lain untuk (1) memajukan kualitas pembelajaran, dan pertumbuhan peserta didik, (2) memperkokoh tujuan dan meningkatkan kualitas hidup serta penghidupan masyarakat, dan (3) menggairahkan masyarakat untuk menjalin hubungan dengan sekolah. Sedangkan manajemen layanan khusus meliputi manajemen perpustakaan, kesehatan dan keamanan sekolah.

Berbagai tema atau topik yang dapat dijadikan sebagai ajang PTS, misalnya masalah yang berkaitan dengan visi dan misi sekolah renstra dan renop sekolah, keuangan sekolah, kepala sekolah dan guru mekanisme penilaian sekolah, kerja sama sekolah dengan masyarakat dan lain-lain. Jika memperhatikan aspek-aspek manajemen sekolah efektif yang dikemukakan Arismunandar (2007), maka bidang garapan PTS mencakup:

  1. Perencanaan dan pengembangan sekolah
  2. Iklim dan budaya sekolah
  3. Pemantauan terhadap kemajuan peserta didik
  4. Kepemimpinan kepala sekolah
  5. Pengembangan guru dan staf
  6. Pengembangan peserta didik
  7. Pemberdayaan orang tua dan masyarakat
  8. Penghargaan dan insentif
  9. Tata tertib dan kedisiplinan
  10. Pengelolaan kurikulum
  11. Akuntabilitas sekolah

Bidang-bidang garapan  tersebut akan dikembangkan lebih lanjut  dalam pembahasan tentang permasalahan yang dapat dikaji malalui PTS, sebagai bagian dari bahasan tentang cara melaksanakan PTS.

Tags:
Leave a Reply

Current ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632

Stat