HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Cara Membuat Skripsi Cepat

Cara Membuat Skripsi Cepat - Untuk para mahasiswa yang sedang kebingungan dalam membuat skripsi, alangkah baiknya jika anda meluangkan waktu sejenak untuk membaca tulisan ini. Dalam tulisan ini akan dibahas mengenai cara membuat skripsi.

Berbicara mengenai cara membuat skripsi pasti tidak akan lepas dari mahasiswa dan perguruan tinggi. Membuat skripsi memang bukan merupakan hal yang mudah karena diperlukan cara atau strategi dalam pengerjaannya agar dapat menghasilkan skripsi yang bagus dan berbobot. Skripsi merupakan suatu karya tulis ilmiah seorang mahasiswa yang berupa paparan tulisan hasil penelitian yang membahas suatu permasalahan atau fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku untuk mendapatkan gelar Sarjana. Sampai saat ini, skripsi masih menjadi syarat utama dalam menentukan kelulusan mahasiswa. Oleh karena itu, banyak mahasiswa yang menganggap bahwa penghambat dan penunda selesainya proses studi mahasiswa S1 adalah pembuatan skripsi. Kemudian mereka juga menganggap bahwa dalam membuat skripsi harus memerlukan konsentrasi penuh untuk mengerjakannya. Selain itu, sebagian mahasiswa juga beranggapan bahwa dosen pembimbing merupakan faktor utama dalam menentukan cepat tidaknya kelulusan mahasiswa dikarenakan pada setiap bimbingan dengan dosen pembimbing maka mahasiswa akan mendapatkan masukan atau revisi (perbaikan). Namun hal tersebut bisa diatasi apabila para mahasiswa membuat skripsi dengan cara yang benar. Berikut akan dipaparkan mengenai cara membuat skripsi yang benar.

Pada umumnya penulisan skripsi untuk semua jenis penelitian dijabarkan dalam lima sub bab sebagai berikut:

* Bab I             : Pendahuluan

* Bab II           : Tinjauan Teori

* Bab III          : Metode Penelitian

* Bab IV          : Hasil Penelitian dan Pembahasan

* Bab V           : Kesimpulan dan Saran

Langkah pertama, yang harus dilakukan mahasiswa adalah menentukan judul tema atau permasalahan yang ingin dijadikan bahan penelitian skripsi. Sebaiknya judul tema dibuat dengan menggunakan kalimat yang simpel namun dapat membuat orang tertarik untuk membacanya. Selain itu, dalam menentukan tema alangkah baiknya jika mengambil permasalahan yang masih up to date, artinya permasalahan yang baru-baru ini banyak dibicarakan masyarakat. Setelah itu, para mahasiswa bisa menyusun Bab I Pendahuluan. Bab I ini sendiri terdiri dari latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian. Pada latar belakang masalah berisi penjelasan fenomena yang diamati dan menarik perhatian peneliti dan bukan merupakan alasan pemilihan judul. Rumusan masalah dipaparkan secara singkat dalam bentuk kalimat tanya, yang mencerminkan adanya permasalahan yang perlu dipecahkan.

Langkah kedua, adalah membuat Bab II yaitu dengan cara menentukan susunan kerangka teori. Dengan membuat kerangka teori maka akan membantu anda mengacu pada susunan kerangka dan tidak melenceng dari tema yang telah ditentukan sejak awal. Untuk membuat kerangka teori ini, para mahasiswa bisa menggunakan buku-buku referensi dan jurnal untuk bahan acuannya.

Langkah ketiga, adalah menyusun Bab III Metode Penelitian, yang berisi tentang jenis penelitian, populasi dan sampel, metode pengumpulan data, dan metode analisis data.

Langkah keempat, adalah menyusun Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan. Dalam bab ini penting sekali mengutamakan fakta-fakat dan data yang diperoleh dari hasil riset dan studi lapangan. Selain itu, jangan lupa untuk menuliskan pandangan kita mengenai tema yang sedang dibuat.

Langkah terakhir, adalah merangkai Bab V Kesimpulan dan Saran. Dalam Bab ini ditulisakan mengenai kesimpulan keseluruhan dari hasil penelitian skripsi tersebut dan juga memberikan paparan mengenai saran-saran yang membangun.

Dari penjelasan mengenai cara membuat skripsi tersebut diharapkan mampu membantu para mahasiswa untuk menyusun skripsi dengan baik, benar, dan berbobot nilai tinggi.

Tags:
Leave a Reply

Current ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632

Stat