HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com

Apakah Yang Dimaksud Dengan Metode Ilmiah

Wikipedia mengemukakan bahwa metode ilmiah merupakan proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisis. Ilmuwan melakukan pengamatan serta membentuk hipotesis dalam usahanya untuk menjelaskan fenomena alam. Prediksi yang dibuat berdasarkan hipotesis tersebut diuji dengan melakukan eksperimen. Jika suatu hipotesis lolos uji berkali-kali hipotesis tersebut dapat menjadi suatu teori ilmiah.

Menurut Almack (1939) dalam buku Research and Thesis Writing, mengemukakan bahwa metode ilmiah adalah cara menerapkan prinsip-prinsip logis terhadap penemuan, pengesahan, dan penjelasan kebenaran. Sedangkan menurut Osle (1975) dalam Statistics in Research berpendapat bahwa metode ilmiah merupakan pengerjaan terhadap sesuatu untuk memperoleh sesuatu interelasi.

Nazir (1988) dalam bukunya Metode Penelitian mengemukakan bahwa terdapat kriteria  dan langkah-langkah dalam melakukan penelitian yang dituangkan dalam bentuk skema seperti di bawah ini:

 2. gambar 2.1 300x220 Apakah Yang Dimaksud Dengan Metode Ilmiah

Gambar skema metode ilmiah

Incoming search terms:

Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Current day month ye@r *

Email
Print