HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Penelitian Deskriptif Kualitatif

Penelitian Deskriptif Kualitatif  – Ada berbagai pendapat dari para Ahli yang memberikan menjelasn tentang Penelitian Deskriptif Kualitatif.

Bogdan dan Taylor yang dikutip oleh Lexy J. Moleong (2009: 4) menyatakan metode kualitatif adalah:

Prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati.

Sedangkan menurut Kirk dan Miller yang dikutip Lexy J. Moleong (2009: 4) mendefinisikan bahwa

Penelitian kualitatif adalah tradisi tertentu dalam ilmu pengetahuan sosial yang secara fundamental bergantung dari pengamatan pada manusia baik dalam kawasannya maupun dalam peristilahannya”.

Sementara itu Wolf dan Tymiz dalam sukardi (2006: 2) menyatakan bahwa :

Penelitian kualitatif bertujuan untuk mengetahui aktualitas, realitas sosial dan persepsi manusia melalui pengakuan mereka, yang mungkin tidak dapat diungkapkan melalui penonjolan pengukuran formal atau pertanyaan penelitian yang telah dipersiapkan terlebih dahulu.

Penelitian kualitatif bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Dalam penelitian kualitatif, peneliti tidak menggunakan perantara angka sebagai transpormasi fenomena, tetapi langsung berinteraksi dengan subjek yang diteliti, melakukan observasi atau dengan melakukan wawancara untuk mengungkap pengakuan subjek yang diteliti baik melalui simbol-simbol atau tingkah laku yang muncul di lapangan. Simbol, pengkuan, atau rangkaian tindakan tersebut kemudian dikumpulkan dan digunakan sebagai masukan utama dalam menggambarkan subjek atau obek penelitian secara deskriptif.

H. Hadari Nawawi dan H. Mimi Martini (1996: 73) menyatakan penelitian deskriptif adalah:

Prosedur pemecahan masalah yang diselidiki, dengan menggambarkan atau melukiskan objek penelitian pada saat sekarang, berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya.

Sedangkan menurut Lexy J. Moleong (2009: 11) menjelaskan bahwa:

Data yang dikumpulkan adalah kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka, … dengan demikian, laporan penelitian akan berisi kutipan-kutipan data yang memberikan gambaran penyajian laporan tersebut.

Incoming search terms:

Leave a Reply

×
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?