HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Akuntansi: Sistem Akuntansi Penggajian pd PT. Sinabro Java Garment Bawen

Judul Tesis : Sistem Akuntansi Penggajian pada PT. Sinabro Java Garment Bawen Kab. Semarang

 

A. Latar Belakang

Sistem penggajian pada perusahaan biasanya melibatkan beberapa apartemen yang ada didalamnya, yaitu Departemen yang bersangkutan dengan masalah ini adalah bagian SDM, bagian kasir, bagian akuntansi. Bagian SDM bertanggung jawab pada masalah kepegawaian, seperti: pengangkatan pegawai, penerimaan atau perekrutan pegawai, hukuman pegawai bagi yang melanggar kebijakan perusahaan dan bertanggung jawab terhadap masalah penggajian karyawan. Bagian kasir biasanya bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pembayaran gaji serta berbagai tunjangan kesejahteraan karyawan bagian akuntansi bertanggung jawab atas pencatatan biaya tenaga kerja dan penyediaan informasi guna pengawasan biaya tenaga kerja. Sistem akuntansi penggajian adalah formulir, catatan dan laporan tentang penggajian pada karyawan yang di bayarkan tiap bulan yang di koordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan.

Pada kenyataan yang terjadi pada PT SINABRO JAVA GARMENT sistem penggajian merupakan mekanisme pelaksanaan pencatatan dan transaksi pengeluaran keuangan kas mulai dari gaji pokok, lembur 1 & 2 atau over time, uang makan, uang skill, UMK. Dengan adanya sistem dan penggajian ini diharapkan dapat mengontrol semua pengeluaran gaji sehingga seimbang dan sesuai. Bila jumlah pengeluaran penggajian lebih besar dari anggaran pendapatan perusahaan maka terjadi defisit.

 

B. Rumusan Masalah

Bagaimanakah sistem akuntansi penggajian pada PT. SINABRO JAVA GARMENT BAWEN KAB. SEMARANG?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Sistem

Suatu sistem pada dasarnya adalah sekelompok dua atau lebih komponen-komponen yang saling berkaitan atau subsiten-subsistem yang bersatu untuk mencapai tujuan bersama (Hall, 2001:5). Sistem adalah seperangkat dua atau lebih elemen yang bersamaan terkait untuk mencapai suatu tujuan bersama (Ametembun, 1984:2).

Pengertian Sistem Akuntansi

Sistem akuntansi adalah formulir, dokumen dan blangko-blangko yang digunakan untuk melakukan pencatatan dari suatu transaksi (Baridwan, 1985:7).Sistem akuntansi adalah keseluruhan prosedur dan teknik yang diperlukan untuk mengumpulkan data dan mengolahnya menjadi satu laporan yang bersifat keuangan baik sebagai bahan yang membantu pengambilan keputusan maupun alat untuk pengawasan (Wahana Komputer, 2004 :34).

Pengertian Gaji

Gaji adalah pembayaran kepada pegawai yang diberi tugas-tugas administratif dan pimpinan yang jumlahnya ditetapkan secara bulanan atau tahunan (George, 1983 :221). Gaji adalah balas jasa yang diterima pekerja dalam bentuk uang berdasarkan waktu tertentu (Kamus Besar Bahasa Indonesia,2003:327).

 

D. Metode Penelitian

Lokasi penelitian ini adalah PT.Sinabro Java Garment Bawen Kab.Semarang. Metode pengunpulan data menggunakan 1) dokumentasi, 2) Observasi, 3) Wawancara, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah menggunakan metode Diskriptif kualitatif.

 

E. Kesimpulan

  1. Fungsi-fungsi yang terkait adalah fungsi daftar hadir, fungsi personalia dan umum, fungsi keuangan dan fungsi akuntansi. Fungsi pada PT. Sinabro Java Garment Bawen Kab Semarang belum sesuai , hal ini dapat dilihat dari kurangnya bagian-bagian yang menangani sistem akuntansi penggajian.
  2. Dokumen yang digunakan sistem akuntansi penggajian pada PT. Sinabro Java Garment Bawen Kab Semarang adalah dokumen pendukung perubahan gaji, kartu kehadiran karyawan, slip gaji, bukti pembayaran, surat pemindah bukuan, daftar pembayaran gaji, daftar kerja lembur dan surat tanda terima.
  3. Catatan akuntasi yang digunakan adalah jurnal umum dan kartu penghasilan karyawan.Catatan akuntansi ini belum sesuai karena tidak mengikut sertakan kartu biaya dalam sistem akuntansi penggajian.

 

Contoh Tesis Akuntansi

  1. Sistem Akuntansi Pembelian Barang Dagangan pada Koperasi Karyawan RS Telogorejo Semarang
  2. Sistem Akuntansi Penerimaan Kas pada Pada BPR Blora Kota Cabang Jepon
  3. Sistem Akuntansi Penggajian Pada PT Sinabro Java Garment Bawen Kabupaten Semarang
  4. Sistem Akuntansi Penjualan Pada Minimarket Primer Koperasi Polwiltabes Semarang
  5. Sistem Pemberian Kredit Pada PT BPR Mekar Bunga Nugraha Klepu

 

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)