HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pendidikan: Pemahaman Guru IPS trhdp Penilaian Kelas brdsrkn KTSP

Judul Skripsi : Pemahaman Guru IPS terhadap Penilaian Kelas berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP Negeri Kecamatan Jepara

 

A. Latar Belakang

Salah satu prosedur dalam penilaian berbasis kelas adalah penilaian portofolio. Penilaian portofolio digunakan dalam penilaian berbasis kelas karena penilaian tersebut memenuhi kriteria dari salah satu prinsip dalam penilaian berbasis kelas yaitu penilaian harus dilakukan secara komprehensif, adil dan berkesinambungan (Nurhadi 2004: 167).

Agar guru dapat menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam kegiatan pembelajaran maka guru harus memiliki pemahaman tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) termasuk didalam sistem penilaian dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Untuk itu peneliti ingin meneliti sejauh mana pemahaman guru terhadap Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terutama pemahaman guru IPS terhadap penilaian kelas yang digunakan pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Kecamatan Jepara.

 

B. Permasalahan

Sehubungan mulai diterapkannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP maka masalah yang dimunculkan dalam penelitian ini adalah seberapa jauh tingkat pemahaman guru-guru IPS tentang penilaian kelas berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP Negeri Kecamatan Jepara?

 

C. Landasan Teori Skripsi

Pengertian Penilaian

Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan (BSNP 2006; 9).

Pengertian Berbasis Kelas

Penilaian berbasis kelas adalah penilaian yang dilakukan oleh guru dalam rangka proses pembelajaran. Penilaian berbasis kelas merupakan proses pengumpulan dan penggunaan informasi dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan oleh guru untuk menetapkan tingkat pencapaian dan pengusaan peserta didik terhadap tujuan pendidikan yang telah ditetapkan, yaitu standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator pencapaian belajar yang terdapat dalam kurikulum (Surapranata 2004: 4).

Pengertian Penilaian Otentik

Penilaian otentik adalah proses pengumpulan informasi oleh guru tentang perkembangan dan pencapaian pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik melalui berbagai teknik yang mampu mengungkapkan, membuktikan atau mengungkapkan, membuktikan atau menunjukkan secara tepat tujuan pembelajaran telah benar-benar dikuasai dan dicapai (Nurhadi 2004: 172).

 

D. Metode Penelitian

Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru pengampu mata pelajaran IPS SMP Negeri Kecamatan Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena semua guru IPS di SMP Negeri Kecamatan Jepara dijadikan sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode angket atau kuesioner. Data yang diperoleh menggunakan analisis deskriptif persentase.

 

E. Kesimpulan

  1. Pemahaman Guru IPS terhadap konsep dasar penilain berbasis kelas termasuk dalam kriteria baik yaitu sebesar 79,44%.
  2. Pemahaman Guru IPS terhadap konsep dasar penilaian berbasis kelas termasuk dalam kriteria baik yaitu sebesar 77,98%.
  3. Pemahaman Guru IPS terhadap konsep dasar penilaian portofolio termasuk dalam kriteria baik yaitu sebesar 72,12%.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Bimbingan Belajar Pada Siswa SD Kelas III yang Mengalami Kesulitan Belajar Berhitung dalam Operasi Penjumlahan Matematika di SD Negeri Kembang Arum 04 Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang
  2. Desain Web E-Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
  3. Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pemberian Pujian dan Peraga
  4. Penerapan Metode Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA
  5. Pemahaman Guru IPS terhadap Penilaian Kelas berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply