HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Manajemen: Pengaruh Kepuasan Kerja trhdp Produktivitas Kerja Karyawan

Judul Skripsi: Pengaruh Organizational Climate, Achievement Motivation, dan Kepuasan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Kereta Api (Persero) DAOP 1, Jakarta

 

A. Latar Belakang

Dalam setiap organisasi, Sumber Daya Manusia merupakan faktor utama yang menentukan keberlangsungan hidup organisasi. Arti penting menghargai karyawan sebagai aset utama perusahaan, mencerminkan bahwa manajemen percaya untuk membuat jasa yang berkualitas baik membutuhkan karyawan yang tidak hanya memikirkan pekerjaannya saja, tapi juga paham betul akan kesejahteraan karyawannya, sehingga karyawan mendapatkan jaminan keselamatan kerja dari perusahaan.

Kereta Api (PERSERO) merupakan satu-satunya penyedia sarana dan prasarana angkutan umum kereta api yang banyak diminati masyarakat di Indonesia. Selain bebas macet, kereta api dinilai hemat waktu dan biaya. PT..Kereta Api (PERSERO) dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan juga mengalami kendala-kendala. Hal ini ditunjukkan dengan adanya permasalahan yang terjadi di lingkungan PT. Kereta Api (PERSERO). Penurunan produktivitas kerja masih sering terjadi, seperti keterlambatan jadwal perjalanan yang sering dikeluhkan penumpang dan kecelakaan yang diakibatkan oleh human error dan kelalaian pegawai.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah terdapat pengaruh antara organizational climate terhadap produktivitas kerja karyawan?
  2. Apakah terdapat pengaruh antara achievement motivation terhadap produktivitas kerja karyawan?
  3. Apakah terdapat pengaruh antara kepuasan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan?

 

C. Landasan Teori

Organizational Climate

Organizational climate adalah lingkungan manusia di mana para anggotanya melaksanakan pekerjaan mereka. Organizational climate tidak dapat dilihat dan disentuh, tetapi ada dan akan mempengaruhi segala sesuatu yang terjadi dalam organisasi (Masnurhadi & Setiaji, 2008). Organizational climate juga merupakan keadaan mengenai karakteristik yang terjadi di lingkungan kerja yang dianggap mempengaruhi perilaku orang-orang yang berada dalam lingkungan organisasi tersebut. Oleh karena itu, organizational climate dapat dikatakan sebagai lingkup organisasi.

Achievement Motivation

Kata Motivasi berasal dari kata Latin “Motive” yang berarti dorongan, daya penggerak atau kekuatan yang terdapat dalam diri organism yang menyebabkan organism itu bertindak atau berbuat. Selanjutnya diserap dalam bahasa Inggris motivation berarti pemberian motif, penimbulan motif atau hal yang menimbulkan dorongan atau keadaan yang menimbulkan dorongan. Robbins (1998) mendefinisikan motivasi sebagi kesediaan untuk mengeluarkan tingkat upaya yang tinggi ke arah tujuan-tujuan organisasi yang dikondisikan oleh kemampuan upaya itu untuk memenuhi sesuatu kebutuhan individual.

Kepuasan Kerja

Menurut Robbins (1998), kepuasan kerja merupakan sikap umum individu yang bersifat individual tentang perasaan seseorang terhadap pekerjaannya. Sejalan dengan pandangan Robbins, Luthan (1995) mengungkapkan bahwa kepuasan kerja adalah ungkapan kepuasan karyawan tentang bagaimana pekerjaan mereka dapat memberikan manfaat bagi organisasi.

D. Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian regresi diuji menggunakan uji normalitas, heteroskedastisitas, autokorelasi dan multikolinearitas.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel organizational climate berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan, variabel achievement motivation tidak berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan, dan variabel kepuasan kerja berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan.

 

E. Kesimpulan

  1. Organizational climate adalah persepsi anggota organisasi, baik secara individual maupun kelompok, tentang sifat-sifat dan karakteristik organisasi yang mencerminkan norma serta keyakinan dalam organisasi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pertama, diketahui bahwa hipotesis pertama dalam penelitian diterima. Sebaliknya, hipotesis null ditolak. Maka, dapat diambil kesimpulan bahwa organizational climate berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Kereta Api (PERSERO) DAOP 1, Jakarta.
  2. Achievement motivation merupakan dorongan dalam diri seseorang untuk mengatasi segala tantangan dan hambatan guna mencapai tujuan. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis kedua, diketahui bahwa hipotesis kedua dalam penelitian ditolak. Sebaliknya, hipotesis null diterima. Sehingga, dapat diambil kesimpulan bahwa achievement motivation tidak berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Kereta Api (PERSERO) DAOP 1, Jakarta.
  3. Kepuasan kerja merupakan ungkapan perasaan seseorang terhadap pekerjaannya. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ketiga, diketahui bahwa hipotesis ketiga dalam penelitian diterima. Sebaliknya, hipotesis null ditolak.Maka, dapat diambil kesimpulan bahwa kepuasan kerja berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT..Kereta Api (PERSERO) DAOP 1, Jakarta.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Pengaruh Organizational Climate, Achievement Motivation, dan Kepuasan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Kereta Api (Persero) Daop 1, Jakarta
  2. Sistem Pelayanan Asuransi Kecelakaan Diri pada AJB Bumi Putera 1912 Kantor Cabang
  3. Perspektif Agrowisata Sondokoro sebagai Sarana Edukasi
  4. Penerapan Material Requirement Planning pada Pengendalian Persediaan Bahan Baku
  5. Proses Pelayanan Penyambungan Baru di Perseroan Terbatas Perusahaan Listrik
Incoming search terms:

Leave a Reply