HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Program Magister Kesehatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dharma Husada Bandung

STIKes DHB (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan) Dharma Husada Bandung Berbekal semangat dan percaya diri, Yayasan Pelita Dwiputra Husada Bandung berhasil menghimpun berbagai sumberdaya (resources) untuk mendirikan SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKesDHB) DHARMA HUSADA. Melalui Akta Notaris Dr. Wiratni Ahmadi, SH tanggal 26 Juli 1999 Nomor 52, Yayasan Pelita Dwiputra Husada Bandung didirikan yang dipimpin oleh Drs. H. Soepardan, MBA seorang mantan perawat senior Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung sekaligus sebagai perintis Akademi Keperawatan PPNI Bandung.

Daftar Isi                                                                       

  1. Sejarah Magister Kesehatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dharma Husada Bandung
  2. Visi
  3. Misi
  4. Program Studi Sarjana (S1) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dharma Husada Bandung
  5. Program Studi Pasca Sarjana (S2) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dharma Husada Bandung

 

 

Sejarah Magister Kesehatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dharma Husada Bandung

Didasari oleh keinginan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang kesehatan di Jawa Barat yang pada kenyataannya bahwa hampir 60% tenaga kesehatan yang ada di pusat pelayanan kesehatan primer dan sekunder adalah lulusan SPK, maka digagaslah sebuah pemikiran tentang perlunya lembaga pendidikan tinggi yang mendidik khusus tenaga kesehatan yang dapat memberi kontribusi langsung pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jawa Barat sejalan dengan Visi Propinsi Jawa Barat.

 

Akhirnya melalui perjalanan panjang, ( STIKesDHB ) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dharma Husada Bandung didirikan setelah mendapatkan izin operasional berdasarkan Surat Keputusan Mendiknas No. 127/D/O/2002 pada tanggal 8 Juli 2002 dengan menyelenggarakan 6 Program Studi:

 

  • Strata 1 (S1) Kesehatan Masyarakat
  • Strata 1 (S1) Keperawatan
  • Diploma III (D3) Kebidanan
  • Diploma III (D3) Keperawatan
  • Diploma III (D3) Refraksi Optisi (Tahun 2006)
  • Profesi Ners (Tahun 2012)
  • Strata 2 (S2) Kebidanan Terapan (Tahun 2016)

Pada awal kelahirannya, kampus STIKes Dharma Husada Bandung berlokasi di Jalan Terusan Jakarta No. 75 Antapani Bandung. Namun dalam 3 tahun terakhir, Yayasan Pelita Dwiputra Husada Bandung terus mengembangkan kampus sehingga saat ini memiliki sendiri kampus di Jalan Terusan Jakarta No. 71 – 75 dan Kampus II di Jalan Jakarta Utara. Di lokasi kampus I, kini sudah dibangun gedung kampus permanen 3 tingkat yang digunakan sebagai cikal bakal Kampus Terpadu STIKes Dharma Husada Bandung.

 

Visi

Menjadikan mahasiswa yang unggul secara akademik–profesional maupun kepribadian dengan basic 3 H Principle (Head, Hand and Heart), sehingga akan menjadi alumni yang memiliki rasa BANGGA terhadap almamater dan dipercaya masyarakat pada Tahun 2019.

 

Misi

  1. Membangun nilai keunggulan kepribadian, yaitu : melalui pengaplikasian 7 budi utama yaitu Jujur (kejujuran), Tanggung Jawab, Visioner, Disiplin (kedisiplinan), Kerjasama (kemitraan dan egalitarianisme), Adil (keadilan), Peduli (kepedulian dan semangat berbagi) melalui kegiatan kemahasiswaan yang terpadu dan terencana.
  2. Mengembangkan minat dan bakat mahasiswa dalam bidang penalaran, olahraga dan seni untuk membangun reputasi intitusi STIKes Dharma Husada Bandung.
  3. Memberikan pelayanan dan bantuan maksimal kepada mahasiswa dalam mencapai keunggulannya.
  4. Membangun organisasi dan jejaring alumni yang kuat sebagai mitra pengembangan intitusi STIKes Dharma Husada Bandung.
  5. Mewujudkan program studi yang dikenal secara luas, yang memiliki keunggulan, handal, dan terpercaya dengan jalan :
  • Menyelenggarakan pendidikan, pelatihan dan Kebijakan Pendidikan yang bermutu.
  • Melakukan penelitian untuk pengembangan sistem pendidikan dan strategi pembelajaran.
  • Memberikan layanan masyarakat dalam analisis, evaluasi dan pengembangan pendidikan

 

Profil Lulusan

Alumni menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari eksistensi sebuah perguruan tinggi, tolak ukur keberhasilan sebuah institusi pendidikan secara jelas dapat dilihat dari kualitas alumninya. Sehingga peran alumni dalam perkembangan dan kemajuan institusi pendidikan tinggi sangat vital, bagaimana tidak alumni mengalami proses perkembangan dan dinamikan pembelajaran di institusi sebagai almamaternya, sehingga berbagai masukan dan kontribusi alumni bagi institusi sangat di harapkan.

 

Untuk mengakomodir konrtribusi alumni, maka ikatan atau forum alumni menjadi sarana yang paling krusial dalam menampung setiap aspirasi, masukan atau kontribusi lainnya bagi kemajuan institusi.

 

STIKes Dharma Husada Bandung sejak meluluskan mahasiswa pada tahun 2005 sebagai angkatan pertama, mulai meng inisiasi terbentuknya forum alumni STIKes Dharma Husada Bandung, tercatat sudah beberapa kali mengadakan pertemuan untuk memfasiltasi kepentingan alumni dan institusi, dan mulai tahun 2009 mulai digagas untuk melakukan pertemuan alumni, baik ditingkat program studi dan di tingkat institusi.

 

Pertemuan alumni pada tingkat program studi dilaksanakan setiap satu tahun sekali, sementara untuk tingkat institusi dijadwalkan dilaksanakan setiap tiga tahun sekali, sekaligus pergantian kepengurusan alumni.

 

Program Studi Sarjana (S1) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dharma Husada Bandung

  1. Program Studi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat
  2. Program Studi S1 Ilmu Keperawatan

 

Program Studi Pasca Sarjana (S2) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dharma Husada Bandung

  1. S2 Terapan Kebidanan

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Leave a Reply

Open chat
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?
Powered by