HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Program Magister Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman (UNMUL)

Universitas Mulawarman, disingkat Unmul, adalah perguruan tinggi negeri di Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Universitas ini berdiri pada tanggal 27 September 1962, sehingga merupakan universitas tertua di Kalimantan Timur.

Daftar Isi

  1. Akreditasi Magister Ilmu Pendidikan
  2. Sejarah Magister Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman (UNMUL)
  3. Visi
  4. Misi
  5. Tujuan
  6. Program Studi Sarjana (S1) Universitas Mulawarman (UNMUL)
  7. Program Studi Pasca Sarjana (S2) Universitas Mulawarman (UNMUL)

 

Akreditasi Magister Ilmu Pendidikan

Terakreditasi A

 

Sejarah Magister Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman (UNMUL)

Sejarah terbentuknya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman (selanjutnya disebut FKIP Unmul) diawali dengan dibentuknya presidium yang bernama Presidium IKIP Samarinda pada tahun 1972, yang kemudian secara resmi menyatakan diri bergabung dengan Universitas Mulawarman dengan melebur menjadi salah satu fakultas. Penggabungan Presidium IKIP Samarinda menjadi fakultas ke-5 di Universitas Mulawarman pada saat itu dikukuhkan melalui persetujuan Gubernur KDH Tingkat I Kalimantan Timur oleh Bapak A. Wahab Syahranie dan melalui Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Nomor: 181/D/E/1978. Dalam perspektif waktu, FKIP unmul telah melewati sebuah sejarah perjalanan panjang sebagai fakultas yang mengemban amanah pada penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi bidang pendidikan di daerah. Kini, Universitas Mulawarman telah memiliki 13 (tiga belas) fakultas dengan berbagai program studi, dan FKIP unmul sampai saat ini masih menjadi salah satu fakultas favorit yang memiliki jumlah mahasiswa besar serta menjadi rujukan dalam penyelenggaraan pendidikan di Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Ini berarti bahwa FKIP unmul menjadi salah satu sub-sistem dari keseluruhan sistem penyelenggaraan pendidikan di daerah maupun nasional.

 

Tugas pokok dan fungsi FKIP unmul adalah menyelenggakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi  di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat mulai jenjang sarjana (S1), magister (S2) dan doctor (S3) serta dalam bidang profesi keguruan dan ilmu kependidikan.

 

Visi

Menjadi fakultas yang memberi layanan prima, mengembangkan keilmuan dan riset inovatif, menghasilkan tenaga pendidik profesional, berkarakter, berwawasan lingkungan dan memperoleh rekognisi internasional pada tahun 2024.

 

Misi

Misi FKIP UNMUL sesuai dengan visi tersebut adalah:

 

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang professional berbasis riset dan menghasilkan produk pendidikan inovatif yang berkontribusi bagi peningkatan kualitas dan kesejahteraan masyarakat di tingkat lokal, regional dan internasional.
  2. Mengembangkan riset inovatif (Development Research) dan riset implementatif (Applied Research) dengan fokus pada inovasi dan pengembangan pembelajaran untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi ilmiah nasional dan internasional serta Hak Kekayaan Intelektual (HAKI)
  3. Menyelenggarakan kerjasama bidang pendidikan, riset dan pengabdian masyarakat di tingkat regional, nasional dan internasional.
  4. Menyelenggarakan kegiatan kemahasiswaan untuk menumbuhkan kemandirian mahasiswa, meningkatkan kreatifitas dan jiwa kewirausahaan serta ketajaman bakat.
  5. Memperkuat kapasitas kelembagaan dalam rangka menyediakan layanan prima dan kerjasama untuk menghasilkan tenaga pendidik yang mandiri, unggul dan berkarakter dan berwawasan lingkungan

 

Program Studi Sarjana (S1) Universitas Mulawarman (UNMUL)

  1. Ilmu Pendidikan
  2. Mipa
  3. IPS
  4. Bahasan & Seni

 

Program Studi Pasca Sarjana (S2) Universitas Mulawarman (UNMUL)

  1. Biologi
  2. Bahasa Indonesia
  3. Bahasa Inggris
  4. Kimia
  5. PGSD

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Leave a Reply

Open chat
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?
Powered by