HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Obat Generik dan Jenis-Jenis Obat Generik

Obat Generik  Pengertian Obat Generik dan Jenis-Jenis Obat Generik

Obat Generik

Obat generik ~Tahukah Anda bahwa obat generik merupakan salah satu obat yang paling aman, serta nyaman dalam masyarakat ? Yah, tentu saj hal tersebut memiliki alasan yang kuat, karena obat generik merupakan salah satu obat yang paling mdah dijangkau dikalangan masyarakat.

Obat generik merupakan obat yang secara resmi terdaftar dan telah ditetapkan dalam dunia farmakope Indonesia berdasrkan khasiat yang telah ditentukan sebelumya. Pada dasarnya obat generik merupakan obat yang tata cara produksinya meniru dengan dormula obat paten yang termasuk golongan obat orginator.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa obat generik merupakan obat yang memiliki kandungan sama dengan obat paten. Hal tersebut dapat dilihat dari jenis zat yang dipakai pada saat produksi. Zat yang ada pada obat generik sama seperti dengan obat paten lainnya. Selain itu dosis dan indikasi pada obat generik juga disamakan  dengan obat patennya.

Selama ini banyak pihak yang berpendapat bahwa obat generik merupakan obat yang murahan dan tidak memiliki khasiat yang sama dengan obat paten. Padahal jika ditelusiri dengan baik obat generik memiliki khasiat yang sama dengan obat paten.

Obat generik relatif lebih murah dibandingkan dengan obat paten lainnya. Hal tersebut dikarenakan pada proses produksi obat generik tidak perlu lagi membutuhkan biaya riset dan penlitian atas obat yang akan diproduksi, sebab obat generik hanya sebatas meniru dari obat paten.

Selain itu pada pemasaran juga tidak dibutuhkan biaya promosi serta biaya pengemasan lainnya. Dengan demikian harga yang ada pada suatu obat dapat ditekan seminimal mungkin. Itulah alasan kenapa obat generik lebih murah dibandingkan dengan obat paten.

Dalam mengedarkan obat generik juga terdapat beberapa aturan yang ada dalam tahap pemasarannya. Adapun aturan tersebut dapat, meliputi:

  1. Bahan aktif yang terkandung dalam obat generik aman
  2. Kekuatan dari obat tersebut dapat dipertanggungjawabkan
  3. Ketersediaannya juga harus diperhatikan
  4. Rute pemberian sesuai dengan ketentuan

Semua obat generik yang beredar dipasaran merupakan obat yang telah lulus uji klinis dan disetujui oleh berbagi resep dan penggunaanya mampu dikontrol dengan menyamakan kualitas produk dari obat tersebut.

Demikian artikel yang berjudul Pengertian Obat Generik dan Jenis-Jenis Obat Generik. Semoga artikel yang Kami sajikan mampu menambah luas wawasan Anda dalam bidang Kefarmasian.

Incoming search terms:

Leave a Reply