HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Interaksi Obat dan Interaksi Farmakodinamik

Interaksi Obat Pengertian Interaksi Obat dan Interaksi Farmakodinamik

Interaksi Obat

Interaksi Obat ~  Interaksi obat merupakan segala perubahan efek yang ada dalam suatu obat dengan pemakaiannya diselingi dengan obat lainnya. Interaksi obat juga dapat dikatakan sebagai suatu reaksi obat yang dikonsumsi dengan makanan atau obat tradisional lainnya.

Pada penelitian yang ada di Amerika telah menunjukkan bahwa setiap tahunnya hampir 100.000 orang harus menjalani perawatan di rumah sakit bahakan mengalami kematian. Hal tersebut dikarenakan adanya interaksi obat serta efek samping obat yang tidak seimbang.

Pada dasrnya interaksi obat merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk pengurangan efektifitas dari obat tersebut. Hal tersebut dikuatkan dengan uji klinis yang telah dilakuakn diberbagai tempat.

Pada obat yang memiliki interaksi yang kuat tentu saja perlu diperhatikan  indek terapi rendahnya. Terutama pada glikosida jantung, antikoagulan dan obat-obat sitostatik. Selain itu juga perlu diperhatikan obat-obat yang biasa digunakan bersama-sama.

Interaksi dan pengelompokkan obat didasrkan pada keterlibatan suatu proses farmakologi taupun farmakodinamik. Interaksi farmakokinentik selalu ditandai dengan beberapa perubahan yang ada pada kadar plasma obat, area bawah kurva.

Sedangkan interaksi farmakodinamik biasanya lebih dihubungkan dengan segala kemampuan suatu obat yang ada untuk mnegubah efek obat obat tanpa mengubah sifat-sifat yang ada dari farmakokinentik.

Interaksi farmakodinamik meliputi

  1. aditif (efek obat A =1, efek obat B = 1, efek kombinasi keduanya = 2),

  2. potensiasi (efek A = 0, efek B = 1, efek kombinasi A+B = 2),

  3. sinergisme (efek A = 1, efek B = 1, efek kombinasi A+B = 3) dan

  4. antagonisme (efek A = 1, efek B = 1, efek kombinasi A+B = 0).

Mekanisme yang terlibat dalam interaksi farmakodinamik adalah perubahan efek pada

Demikian artikel yang berjudul Pengertian Interaksi Obat dan Interaksi Farmakodinamik. Semoga artikel yang Kami sajikan mampu menambah wawasan Anda. jaringan atau reseptor.

Incoming search terms:

Leave a Reply