HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Angka Kematian Balita

Pengertian Angka Kematian Balita~Jauh-jauh ini, kita seringkali mendengar mengenai kejadian yang menyebabkan hilangnya nyawa seorang balita. Hal tersebut dilandasi oleh berbagai faktor yang ada. angka kematian pada balita sendiri dapat dihitung menggunakan rumus :

Angka Kematian Balita Pengertian Angka Kematian Balita

Berdasarkan pengertiannya angka kematian balita sendiri memiliki arti bahwa suatu kejadian atau kematian anak yang berusia antara 0-4 tahun. Kematian yang terjadi pada balita sendiri sebenarnya memiliki banyak faktor penyebab, diantaranya :

  1. kurangnya gizi
  2. sanitasi yang tidak sehat
  3. penyakit menular
  4. kecelakaan dll

Kurangnya gizi yang terjadi pada balita bisa juga disebabkan oleh berbagai macam alasan atau faktor. Salah satunya ialah kemiskinan yang terjadi pada orang tuanya. Tentu saja hal tersebut seharusnya mendapatkan perhatian khusus dari berbagai pihak.

Mengingat pentingnya peranan gizi terhadap tumbuh kembang balita itu sendiri, oarang tua dituntut untuk bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Akan tetapi banyak diantara para orang tua yang masih belum mengenal dengan betul seperti apa gizi yang seharusnya diberikan kepada anak mereka.

Gizi balita yang kurang dipenuhi orang tua tadi juga bisa dilandasi oleh faktor pendidikan dari orang tua balita tersebut. Tentu saja hal ini bukan masalah yang sepele bagi kehidupan si balita.

Balita yang kurang gizi akan mengalami keterbelakangan serta gangguan-ganguan fisik serta psikologisnya. Hal tersebut dapat dilihat pada segi postur dan berat badan pada balita. Balita yang mengalami kurang gizi akan terlihat kurus dan memiliki berat badan yang kurang normal.

Balita yang bermasalah pada gizinya akan mengalami keterlambatan penaikkan berat badan selama 3 bulan terakhir. Ukuran tinggi badan serta lingkar badan pada balita akan menjadi indikator pelengkap dari status balita kurang gizi.

Dinas Kesehatan sebagai pelopor penggerak kesehatan yang ada pada masyarakat harus mampu memberikan kontribusi berupa pelayanan kesehatan kepada setiap lapisan masyarakat. Karena tujuan utam pembentukan Dinas Kesehatan sendiri ialah untuk mengoptimalkan derajat kesehatan masyarakat.

Dinas Kesehatan harus mampu mencanangkan program-progam yang diupayakan mampu mengoptimalkan kesehatan yang ada pada msyarakat. Salah satu progaram yang sampai kini terus dicanangkan oleh Dinas Kesehtan ialah pemberantasan dan penanggulangan penyakit.

Jadi pada awal pembentukan Dinas Kesehatan, Dinas Kesehatan tidak hanya memberantas dan menanggulangi satu penyakit saja tetapi terhadap semua penyakit yang menjangkiti fisik dan jiwa masyarakat.

Demikian artikel yang berjudul Pengertian Angka Kematian Balita  serta membahas mengenai Kurang Gizi pada Balita serta Peran Dinas Kesehatan untuk Masyarakat. Semoga artikel ini mampu menambah wawasan Anda.

 

Incoming search terms:

Leave a Reply