HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Paradigma Sehat

Paradigma Sehat Paradigma Sehat

Paradigma Sehat

Paradigma Sehat ~ Paradigma sehat merupakan suatu pandangan tertentu bagaimana serta tata cara untuk hidup sehat. Paradigma sehat selalu menggunakan pola pikirnya dalam mengupayakan hidup sehat baik brupa sehat jasmani maupun rohani.

Dalam hal ini paradigma sehat sangat mendorong kuatnya upaya yang dilakukan dalam kondisi sebaik mungkin. Paradigma hidup sehat secara luas memiliki artian bahwa pembangunan yang terjadi haruslah berdasarkan pola pikir yang sehat pula.

Tidak hanya pada satu titik saja, paradigma sehat juga sangat mempengaruhi peradaban manusia pada saat ini. Paradigma sehat merupakan sikap dan orientasi (mindset), yang meliputi:

  1. Pola pikir yang memandang kesehatan merupakan suatu kebutuhan yang harus dijaga
  2. Sehat bukan sifat yang berhamburan atau kata lainnya ialah konsumtif. Dari hidup sehat lahirlah sumber daya manusia yang berkualitas
  3. Kesehatan merupakan bagian dari suatu pengembangan yang terjadi pada masa kini dan belajar dari masa lalu
  4. Pelayanan kesehatan tidak hanya berupa fisik akan tetapi psikis
  5. Kehatan tidak hanya berupa keadaan yang jasmaninya sehat akan tetapi lingkungan sosial juga harus sehat
  6. Pelayanan kesehatan lebih bersifat terpadu
  7. Fokus kesehatan tidak pada satu titik akan tetapi menyeluruh
  8. Pelayanan terjadi pada masyarakat umu, swasta, dan pribadi
  9. Kesehatan tidak hanya berfungsi sosial, tetapi juga dapat berfungsi ekonomi.
  10. Masyarakat tidak sekedar ikut berperan serta, tetapi telah berperan sebagai mitra.

Hidup sehat merupakan hak asasi dari manusia itu sendiri hal tersebut pernah dinyatakan oleh pemerintah dalam UU No. 36 tahun 2009 yaitu :

Kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Dari pengertian UU di atas juga terlihat jelas bahwa sehat bukan hanya jauh dari penyakit akan tetapi juga jauh dari segala hal yang menyebabkan timbulnya penyakit yaitu, kemiskinan, lingkungan kumuh, serta kepercayaan yang dianut juga mempengaruhi sepenuhnya.

Demikian artikel yang berjudul Paradigma Sehat yang dapat Kami sampaikan. Semoga artikel yang kami buat dengan sengaja ini dapat memberikan wawasan yang lebih kepada Anda seputar Kesehatan. 

Incoming search terms:

Leave a Reply