HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Koordinasi dalam Berbagai Bentuk

Koordinasi Koordinasi dalam Berbagai Bentuk

Koordinasi

Koordinasi ~ Dalam suatu kegiatan tentu saja dibutuhkan suatu komunikasi yang terjalin dengan sangat optimal. Hal tersebut tentu saja menjadi landasarn utam terjalinnya koordinasi antara individu satu dengan lainnya untuk mecapai tujuan dari kegiatan tersebut.

Koordinasi sendiri memiliki arti yaitu, upaya untuk menyatukan berbagai sumber daya yang ada dalam tiap organisasi untuk keperluan kegiatan. adanya koordinasi tentu saja mempengaruhi sitematika pengelolahan yang ada. Agar berjalan dengan sistem yang telah ditentukan dibutuhkan suatu koordinasi yang matang.

Dari ulasan di atas teryata tidak memberikan pengertian yang mutlak hal tersebut dapat dicermati dari berbagai pendapat para ahli.

G. R Terry koordinasi merupakan suatu usaha yang inkron dan teratur untuk menyediakan jumlah dan waktu yang tepat, dan mengarahkan pelaksanaan untuk menghasilkan suatu tindakan yang seragam dan harmonis pada sasaran yang telah ditentukan.

E. F. L. Brech berpendapat bahwa koordinasi merupakan suatu kegiatan yang menimbangi untuk pergerakkan tim dengan memberikan berbagai lokasi sebagai pekerjaan yang cocok dengan masing-masing peserta.

Hal tersebut disambut oleh Mc. Farland yang secara jelas menyatakan:

Koordinasi adalah suatu proses di mana pimpinan mengembangkan pola usaha kelompok secara teratur di antara bawahannya dan menjamin kesatuan tindakan di dalam mencapai tujuan bersama.

Handoko juga mendefinisikan koordinasi kedalam suatu proses pengintegrasian tujuan-tujuan dan kegiatan-kegiatan pada satuan-satuan yang terpisah (departemen atau bidang-bidang fungsional) suatu organisasi untuk mencapai tujuan organisasi secara efisien.

Adanya koordinasi tentu saja diselingi dengan berbagai tujuan yang telah ditetapkan pada awalnya. untuk memenuhi tercapainya sebah tujuan tersebut dibutuhkan suatu jenis koordinasi yang ada, meliputi:

  1. Koordinasi vertical
  2. Koordinasi Horizontal

Pada koordinasi vertical menunjukkan berbagai pengembangan yang ada hubungannya dengan keefektifan kegiatan-kegiatan yang ada pada organisasi yang berlainan.

Sedangkan koordinasi horizontal merupakan suatu pengembangan yang erat kaitannya dengan hubungan yang lancar antara individu satu dengan yang lainnya.

Demikian artikel yang berjudul Koordinasi dalam Berbagai Bentuk. Semoga artikel ini mampu memberikan wawasan untuk Anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply