HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Kompetensi dan Peran Guru dalam Kurikulum 2013

Peran Guru dalam Kurikulum 2013

Pengertian guru menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yaitu:

Pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru melakukan tugas yang sangat berperan kepada peserta didik yaitu berupa mendidik dan membimbing.

Proses belajar-mengajar dan hasil belajar siswa sebagian besar ditentukan oleh peranan dan kompetensi guru. Usman mengklasifikasikan peranan guru yang dianggap paling dominan, yaitu:

  1. Guru sebagai demonstrator
  2. Guru sebagai pengelola kelas
  3. Guru sebagai mediator dan fasilitator
  4. Guru sebagai evaluator (http://idtesis.com/, 2014).

Pengertian Kompetensi Guru dalam Kurikulum 2013

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menjelaskan bahwa,

Kompetensi Guru adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru atau dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalan”. Kompetensi dapat dikatakan sebagai kemampuan yang harus dimiliki oleh guru dalam melaksanakan tugasnya yang menunjukkan profesionalitas seorang guru.

Mulyasa berpendapat:

Kompetensi guru lebih bersifat personal dan kompleks serta merupakan satu kesatuan utuh yang menggambarkan potensi yang mencakup pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai, yang dimiliki seseorang guru yang terkait dengan profesinya yang dapat direpresentasikan dalam amalan dan kinerja guru dalam mengelola pembelajaran di sekolah (2013: 32).

Berdasarkan dua pengertian di atas, kompetensi guru diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki guru berupa pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang menggambarkan kinerja guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran profesional baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah.

Untuk mendapatkan daftar lengkap contoh skripsi akuntansi lengkap / tesis akuntansi lengkap, dalam format PDF, Ms Word, dan Hardcopy, silahkan memilih salah satu link yang tersedia berikut :

Incoming search terms:

Leave a Reply