HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Contoh Skripsi, Referensi Dalam Pembuatan Skripsi

Kata skripsi berasal dari bahasa inggris yaitu dari kata script, yang berarti menyusun. Dalam konteks pemrograman script berarti menyusun suatu kode pemrograman agar dapat bisa menjadi sebuah program aplikasi yang dapat dijalankan dan berfungsi baik. Dalam konteks pemrograman web script adalah sebuah susunan kode bahasa pemrograman web ( HTML PHP Javascript dan lain – lain ) yang menghasilkan suatu input tampilan dari halaman web sehingga dapat diakses melalui browser. Skripsi adalah suatu laporan tertulis hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa dengan bimbingan Dosen Pembimbing Skripsi untuk dipertahankan di hadapan Penguji Skripsi sebagai syarat untuk memperoleh derajat Sarjana.

Laporan skripsi dimulai dengan pengajuan judul-judul kepada Dosen, mahasiswa bisa mengajukan beberapa judul sampai Dosen menentukan judul yang layak untuk diangkat dan diteliti untuk pembuatan skripsi. Setelah judul disetujui, mahasiswa mulai membuat proposal skripsi. Proposal merupakan garis besar yang akan diuraikan dalam penulisan skripsi. Kemudian ketika proposal telah disetujui, barulah pekerjaan besar dimulai yaitu pembuatan skripsi. Dalam pembuatan skripsi diperlukan banyak data untuk mendukung tulisan atau argumen-argumen yang muncul. Data dapat diperoleh melalui penelitian laboratorium, penelitian lapangan, studi pustaka, ataupun dengan review artikel. Skripsi berupa penelitian asli atau dapat berupa pembuktian yang sifatnya memperbarui, mengembangkan, menemukan dan menegaskan teori atau fakta dalam ilmu-ilmu yang telah dipelajari semasa kuliah, serta dapat berupa penelitian dasar, penelitian terapan atau bisa juga gabungan dari kedua penelitian tersebut. Tidak kalah pentingnya adalah topik atau tema yang diangkat haruslah sesuai dengan program studi yang dijalani, berbobot, dan layak untuk diteliti. Berbobot tidaknya suatu karya akhir seperti skripsi dapat dilihat dari kelayakan topik atau tema yang diangkat, keseriusan  masalah yang memerlukan jawaban dan penyelesaian,  tingkat kesulitan dalam penelitian, pengolahan data, serta tercapainya sebuah kesimpulan yang memuaskan dalam arti permasalahan yang diangkat terpecahkan dan dapat memberi masukan berupa saran-saran yang membangun untuk perbaikan di masa mendatang.

Berikut adalah contoh – contoh skripsi pendidikan agama islam, fakultas tarbiyah :

  • Aplikasi Pembelajaran Berbasis ICT (Information, Communication And Technology) Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI;
  • Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN Muhammadiyah 1 Malang;
  • Implementasi Manajemen Strategis Dalam Pengelolaan Pembelajaran Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di MTs Negeri Lawang;

Dalam pembuatan skripsi kita bisa menggunakan contoh skripsi sebagai referensi pendukung. Banyak jalan untuk mendapatkan contoh skripsi antara lain dari perpustakaan kampus, media internet bahkan dapat ditemukan di toko buku. Contoh skripsi atau referensi lebih mudah diperoleh dari perpustakaan kampus, karena di sana terdapat kumpulan skripsi dari semua fakultas di kampus tersebut dan dari tahun-tahun sebelumnya yang dengan sengaja di kelola oleh kampus sebagai arsip. Dari contoh skripsi yang ada di perpustakaan tersebut dapat memberikan sedikit gambaran tentang bagaimana penulisan skripsi yang bagus, atau bisa juga untuk referensi dalam pemilihan topik atau tema yang lebih baik dengan membaca katalog contoh skripsi.

 

Incoming search terms:

Leave a Reply