HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Akuntansi Analisa Perbandingan Aliran Kas Pt Aqua Golden Mississippi Tbk Sebelum dan Selama Krisis Moneter

ABSTRAK

Skripsi akuntansi ini menjelaskan tentang analisa perbandingan aliran kas pt aqua golden mississippi tbk sebelum dan selama krisis moneter. Dalam skripsi akuntansi ini dijelaskan bahwa industri air minum kemasan saat ini merupakan salah satu industri yang prospeknya sangat menjanjikan karena air yang dikemas itu merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Tapi untuk tetap dapat eksis dan mampu bersaing dengan yang lainnya perusahaan harus terus melakukan kegiatan operasinya yaitu dengan tersedianya faktor-faktor produksi yang menunjang, maka perusahaan perlu menyediakan dana yang cukup. Dana dalam pengertian ini adalah kas, karena kas merupakan aktiva paling likuid atau merupakan salah satu unsur modal yang paling tunai tingkat likuiditasnya. Posisi kas dari suatu perusahaan merupakan faktor penting yang harus dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan.

Tujuan dari penelitian skripsi akuntansi ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara aliran kas bila dibandingkan antara aliran kas sebelum krisis moneter dengan aliran kas selama krisis moneter. Perusahaan yang dipilih adalah PT Aqua Golden Mississippi Tbk, dimana analisa data dilakukan dengan menggunakan rasio kecukupan, rasio efisiensi dan free cash flow. Pengujian statistik data menggunakan uji statistik non parametrik wilcoxon.

Hasil dari penelitian skripsi akuntansi ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara aliran kas sebelum krisis moneter dengan aliran kas selama krisis moneter. Hasil tersebut dibuktikan dengan ditolaknya hipotesis yang ada. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh produk dari perusahaan yaitu air kemasan tidak dapat dipengaruhi oleh krisis moneter. Hal ini disebabkan karena air merupakan kebutuhan pokok dan khususnya untuk aqua, telah memiliki segmentasi pasar tersendiri.

Kata kunci: Skripsi Akuntansi, Rasio kecukupan, Rasio efisiensi dan Free cash Flow

Untuk mendapatkan daftar lengkap contoh skripsi akuntansi lengkap / tesis akuntansi lengkap, dalam format PDF, Ms Word, dan Hardcopy, silahkan memilih salah satu link yang tersedia berikut :

Contoh Tesis

Contoh Skripsi

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Perkembangan perindustrian di Indonesia dewasa ini sangat cepat. Banyak industri dan pabrik-pabrik bermunculan. Berbagai macam hasil industri di pasarkan, diantaranya adalah produk air minum kemasan, yang mana merupakan salah satu contoh industri manufaktur yang kompleks. Didalamnya terdapat berbagai macam bagian yang saling berhubungan untuk berproduksi dan mencapai apa yang dijadikan tujuan dari perusahaan. Diantaranya adalah tenaga kerja, modal, bahan baku dan lain sebagainya. Namun, industri-industri tersebut banyak diantaranya yang harus menutup operasinya karena datangnya krisis ekonomi.

Krisis ekonomi yang melanda Indonesia sejak pertengahan tahun 1997 lalu, diawali dengan krisis nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat dimana krisis moneter telah mengakibatkan perekonomian Indonesia mengalami suatu resesi ekonomi yang besar. Kondisi moneter dan perekonomian di Indonesia yang sedang mengalami krisis sangat berpengaruh pada dunia usaha dan ketenagakerjaan dimana keadaan ini juga mengakibatkan kemerosotan pendapatan perkapita nasional yang tajam yang akhirnya juga menyebabkan penurunan permintaan atas semua produk hasil industri.

Begitu juga yang terjadi pada industri air minum kemasan, dimana krisis moneter memberikan dampak yang menyulitkan. Para produsen terpaksa menaikkan harga karena adanya peningkatan biaya produksi, tingkat pengangguran yang terus naik dan peningkatan biaya hidup banyak menyebabkan penurunan daya beli konsumen.

Untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan, maka diperlukan sesuatu yang kiranya dapat terus menjamin berlangsungnya operasi perusahaan untuk jangka waktu selanjutnya. Sesuatu yang diperlukan itu adalah dana. Dana dapat diartikan sebagai modal kerja dan kas. Dana sebagai modal kerja menggambarkan suatu ringkasan sumber dan penggunaan modal kerja dan perubahan-perubahan unsur modal kerja selama periode yang bersangkutan. Sedangkan dana sebagai kas menggambarkan suatu ringkasan sumber dan penggunaan kas dan perubahan-perubahan unsur selama periode yang bersangkutan.

Dalam analisa ini, dana diartikan sebagai kas karena kas merupakan aktiva yang paling likuid atau merupakan salah satu unsur modal kerja yang paling tinggi tingkat likuiditasnya. Sedangkan likuiditas sangat penting bagi perusahaan karena dapat mempengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan.

Melalui analisa aliran kas, maka dapat diketahui bagaimana perusahaan mengelola dana yang dimilikinya. Yang dimaksud laporan sumber dan penggunaan kas (aliran kas) adalah perubahan kas selama satu periode dan memberikan alasan mengenai perubahan kas tersebut dengan menunjukkan dari mana sumber-sumber kas dan penggunaannya.

Bagi perusahaan, dengan adanya aliran kas dapat digunakan sebagai dasar dalam menaksir kebutuhan kas dimasa mendatang dan kemungkinan sumber-sumber yang ada. Sedangkan bagi para kreditur atau bank, aliran kas dapat digunakan untuk menilai kemampuan perusahaan dalam membayar bunga atau mengembalikan pinjaman. Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis melakukan penelitian untuk menyusun skripsi akuntansi yang dituangkan dalam judul: “ANALISA PERBANDINGAN ALIRAN KAS PT AQUA GOLDEN MISSISSIPPI TBK SEBELUM DAN SELAMA KRISIS MONETER“

READ MORE Skripsi Akuntansi

Contoh skripsi akuntansi ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam menyusun penelitian maupun tugas akhir.

Incoming search terms:

Leave a Reply