HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Saluran Distribusi Yang Efektif Untuk Meningkatkan Penjualan

Pelaksanaan Saluran Distribusi Yang Efektif Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Perusahaan Kembang Gula Sari Agung Bandulan Malang

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Pada pokoknya setiap perusahaan menginginkan kelancaran dalam melanjutkan produksinya. Hal ini dapat dilakukan dengan mengadakan saluran distribusi yang tepat, dengan usaha untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi atau meningkatkan penjualan dalam jumlah yang besar. Dalam memilih saluran distribusi harus hati-hati sebab kesalahan dalam memilih saluran distribusi dapat memperlambat bahkan dapat memacetkan usaha penyaluran barang dari produsen ke tangan konsumen. Dengan kata lain meskipun barang kita sudah sesuai dengan selera konsumen tetapi kalau menggunakan saluran distribusi yang tidak mempunyai kemampuan, tidak semangat, tidak mempunyai inisiatif dan kreatif serta kurang mempunyai kegiatan dan tanggung jawab, maka usaha untuk penyaluran inipun akan mengalami kelambatan dan kemacetan. Jadi kesalahan dalam memilih saluran distribusi seperti tersebut di atas membawa ketidak efisiensi dan pemborosan bahkan membawa kerugian yang amat besar.

Pelaksanaan saluran distribusi dapat dilakukan oleh berbagai pihak, sebagaimana yang tercantum dalam pengertian saluran distribusi adalah saluran yang dilakukan oleh suatu barang, sejak dari tangan produsen hingga ke tangan konsumen. Untuk menyalurkan barang-barang dari tangan produsen ke tangan konsumen akhir diperlukan penetapan tingkat mata rantai saluran distribusi yang di tempuh. Dengan demikian dapat memperlancar penjualan, tingkat keuntungan modal dan lainnya. Faktor-faktor yang merupakan aktifitas dalam marketing yang memegang peranan untuk dapat bersaing di pasar antara lain meliputi:
– Harga produk
– Mutu dari produk
– Promosi
– Kebijakan saluran distribusi dan lain-lain.

Perusahaan kembang gula “SARI AGUNG” ini mutu dari barangnya cukup baik, dan harganya relatif sama jika dibandingkan dengan hasil perusahaan pesaing, dalam melaksanakan promosi telah dilakukan perusahaan secara intensif disamping itu pemasaran yang dilakukan dapat dikatakan cukup luas meliputi hampir seluruh pulau Jawa, juga termasuk Bali, tetapi dalam kebijakkan saluran distribusi perusahaan hanya menggunakan agen, maka disini jelas adanya sistim penyaluran yang tidak efektif lagi, sehingga perlu diadakan perbaikan lebih lanjut agar volume penjualan dapat tercapai sesuai dengan yang telah ditargetkan.

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas serta tempat penelitian yang penulis maka penulis memilih judul sebagai berikut: “PELAKSANAAN SALURAN DISTRIBUSI YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PERUSAHAAN KEMBANG GULA SARI AGUNG BANDULAN MALANG”

Incoming search terms:
1 Comment
  1. saya mnta filenya dunk…
    tlng krim ke email saya
    trima kasih….

Leave a Reply