HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Prosedur Penelitian Tindakan Kelas sesuai Kurikulum 2013

Prosedur Penelitian Tindakan Kelas sesuai Kurikulum 2013 ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan, yaitu

  • tahap persiapan,
  • studi literatur,
  • pengumpulan data,
  • uji validitas data,
  • analisis data dan
  • penarikan kesimpulan.

Adapun prosedur penelitian adalah sebagai berikut:

Tahap Persiapan Penelitian Tindakan Kelas

Tahap ini merupakan kegiatan awal dalam pelaksanaakn skripsi. Kegiatan ini meliputi pengajuan judul kepada koordinator skripsi sampai dengan mendapatkan surat penunjukkan dosen pembimbing skripsi. Langkah selanjutnya yaitu menyerahkan surat oenunjukkan dosen pembimbing kepada dosen yang telah ditunjuk. Pada tahap ini peneliti juga mendapatkan buku konsultasi skripsi dari fakultas.

Tahap Studi literatur Penelitian Tindakan Kelas

Tahap ini merupakan kegiatan untuk mencari bahan pustaka yang berkaitan dengan judul skripsi, pembuatan proposal skripsi, hingga dilakukannya seminar skripsi. Setelah pembuatan proposal selesai diseminarkan dan direvisi, langkah berikutnya yaitu membuat surat izin penelitian.

Tahap Pengumpulan Data Penelitian Tindakan Kelas

Pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah dengan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun penjelasannya sebagai berikut(Sumber : http://idtesis.com):

a. Angket

Angket atau kuesioner merupakan suatu teknnik atau cara pengumpulan data secara tidak langsung. Teknik ini digunakan peneliti untuk mengumpulkan data dari responden, yaitu guru produktif Teknik Kendaraan Ringan SMK PGRI 3 Randudongkal.

b. Wawancara

Teknik wawancara yang digunakan peneliti adalah wawancara terstruktur, dimana peneliti terlebih dahulu menyususn pertanyaan yang akan diajukan kepada informan atau narasumber.

c. Observasi

Observasi dilakukan untuk menggali informasi yang berhubungan dengan kepentingan penelitian guna menunjang data yang diperoleh dari hasil angket dan wawancara.

d. Dokumentasi

Dokumentasi dalam penelitian ini merupakan sumber data tambahan yang berupa catatan-catatan tertulis yang berhubungan dengan obyek penelitian yang berupa laporan atau data lain yang berkaitan dengan keperluan penelitian.

Tahap Uji Validitas Data Penelitian Tindakan Kelas

Uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas uji validitas data kualitatif dan uji validitas data kuantitaif. Untuk uji validitas data kualitatif, peneliti menggunakan trianggulasi metode dan trianggulasi sumber.

Untuk uji validitas data kuantitatif, peneliti menggunakan uji validitas isi dan uji validitas konstruk dengan korelasi product Moment, dimana dalam perhitungannya peneliti menggunakan SPSS 19. Data kuantitatif setelah dilakukan uji Validitas, maka dilanjutkan dengan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus cronbach Alpha, dimana dalam perhitungannya juga menggunakan SPSS 19.

Tahap Analisis Data Penelitian Tindakan Kelas

Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Analisis dilakukan melalui 4 tahap, yaitu :

  1. pengumpulan data,
  2. reduksi data,
  3. penyajian data, dan
  4. penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Penarikan Kesipulan Penelitian Tindakan Kelas

Penarikan kesimpulan merupakan rangkuman hasil penelitian yang mengacu pada rumusan masalah. Penarikan kesimpulan harus dapat dipertanggungjawabkan berdasarkan teori keilmuan yang didukung oleh data empirik dalam penelitian(Sumber : http://idtesis.com).

Untuk mendapatkan daftar lengkap contoh skripsi akuntansi lengkap / tesis akuntansi lengkap, dalam format PDF, Ms Word, dan Hardcopy, silahkan memilih salah satu link yang tersedia berikut :

Incoming search terms:

Leave a Reply