HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Program Magister Kesehatan Universitas Sriwijaya (UNSRI)

Universitas Sriwijaya (disingkat UNSRI) adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri di Sumatra Selatan, Indonesia. Universitas Sriwijaya memiliki sepuluh fakultas dengan dua buah kampus yaitu di Bukit Besar, Kota Palembang dan di Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir.

Daftar Isi

  1. Akreditasi Magister Kesehatan
  2. Sejarah Magister Kesehatan Universitas Sriwijaya
  3. Visi
  4. Misi
  5. Tujuan
  6. Profil Lulusan
  7. Program Studi Sarjana (S1) Universitas Sriwijaya
  8. Program Studi Pasca Sarjana (S2) Universitas Sriwijaya

 

Akreditasi Magister Kesehatan

Program Pascasarjana S2/SP1 sebanyak 4.830 wisudawan, Sarjana Strata I sebanyak 73.690 wisudawan serta Program Diploma D3 sebanyak 17.989 wisudawan. Unsri mendapatkan akreditasi A (Amat Baik) yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

 

Sejarah Magister Kesehatan Universitas

September 1996, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya dr. H Rusdi Ismail, DSAK mengemukakan gagasan pembentukan program studi baru di Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya. Gagasan tersebut timbul karena adanya himbauan dari Direktur Jendral Pendidikan Tinggi dan Konsorsium Ilmu Kedokteran pada rapat dekan seluruh indonesia di Jakarta agar FK Unsri ikut menyiapkan sumber daya manusia di bidang kedokteran dan kesehatan dalam menyongsong era globalisasi. Gagasan ini disampaikan di dalam rapat senat Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, sebagai tindak lanjutnya, dekan membentuk satuan tugas Program Studi Kesehatan Masyarakat, yang dikukuhkan oleh SK Rektor Unsri Prof. Ir. H Machmud Hasyim, MME, No: 3483/PT11.1.1/C.6.f/1996 tanggal 1 Agustus 1996, satuan tugas Program Studi Kesehatan Masyarakat.

 

Hasil rapat koordinasi peningkatan personalia dan pendayagunaan dokter spesialis di Bandung pada bulan Februari 1999 yang dihadiri oleh Menteri Kesehatan RI, Prof. dr. F.A. Moeloek, Dekan FK Unsri Prof. Dr. KHM Arsyad, DABK, SpAnd, kembali diingatkan oleh konsorsium untuk bersedia membuka program studi di bidang kesehatan masyarakat, ilmu keperawatan dan kedokteran gigi. Sebagai tindak lanjutnya dekan membentuk satuan tugas Program Studi Kesehatan Masyarakat (PSKM) dikukuhkan dengan SK Rektor Unsri Bapak Prof. Dr. Ir. H. Zainal Ridho Djafar, Msc nomor : 2357/PT11.1.1/C.6.f/1999 tanggal 7 Mei 1999. Satuan tugas berhasil membuat proposal yang disampaikan oleh pimpinan Fakultas kepada Rektor dan selanjutnya diteruskan ke Menteri Pendidikan. Menteri Kesehatan juga sangat mendukung dibukanya PSKM, ini dengan diterbitkannya SK no 1215/Menkes/X/1999 tanggal 15 Oktober 1999. dr. Syahrial Aziz, DAFK selaku Pembantu Dekan II FK Unsri berperan aktif membantu satuan tugas dalam proses terbitnya SK Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional. Sambil menunggu turunnya SK Dirjen Dikti, Fakultas Kedokteran Unsri mengadakan seminar regional yang bertema “Menyongsong Era Globalisasi dan Indonesia Sehat 2010” dengan pembicara utama Presiden Executive BKS FKM, Prof. Dr. H. Does Sampoerno, MPH., mengadakan konsultasi dengan ketua CHS Prof. Ma`rifin Husin dan mengadakan kerjasama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pembukaan PSKM di Fakultas Kedokteran Unsri. Terhitung tanggal 18 Agustus 2000, resmi di buka Program Studi (S1) Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Unsri (PSKM FK Unsri) dengan SK Dirjen Dikti No 274/Dikti/Kep/2000 dan dan SK penyelenggaraan pendidikan oleh Rektor Unsri No.VIII-1313/ PT11.1.2/Q/2000, diketuai oleh dr. H.MA Husnil Farouk, MPH.

 

Berdasarkan aspek pengembangan ilmu kesehatan dan penyelenggaraan administrasi dan manajemen program, Kemudian Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran (PSKM FK) Unsri diajukan menjadi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unsri. Dengan menjadi Fakultas dapat ditata organisasi dan manajemen yang lebih baik dan stabil, jaminan mutu pelaksanaan kegiatan akademik, pelaksanaan kerja sama, baik di dalam maupun di luar negeri, peningkatan sinergi internal, baik secara horisontal dengan fakultas lain maupun vertikal dengan rektorat dan sinergi eksternal yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat dan stakeholder, diantaranya mencapai Sumatera Selatan sehat 2008 dan Indonesia sehat 2010, yang tentunya memerlukan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan. Untuk menyikapi kebutuhan sumber daya manusia tersebut, perguruan tinggi sebagai penghasil tenaga ahli berpendidikan tinggi, berupaya untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai tenaga ahli di bidang teknologi kesehatan masyarakat.

 

  

Visi

Menjadi fakultas terkemuka berbasis riset yang unggul dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di bidang kesehatan masyarakat, yang menghasilkan insan bertaqwa, bermutu dan memiliki daya saing tinggi.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan akademik yang profesional
  2. Mengembangkan kegiatan penelitian bidang kesehatan masyarakat melalui kerjasama dengan berbagai instansi.
  3. Memberikan kontribusi pengabdian kepada masyarakat yang memiliki daya saing dalam proses demokrasi dan pengembangan masyarakat madani.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan tenaga kesehatan masyarakat yang berakhlak mulia, terdidik, terlatih, terampil dan handal untuk mendukung pembangunan kesehatan bangsa.
  2. Menghasilkan pengetahuan empirik, teori, konsep, metodologi, model yang akan memperkaya ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kesehatan masyarakat.
  3. Berperan sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan masyarakat.
  4. Menghasilkan lulusan berkualitas, memiliki jiwa kewirausahaan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.
  5. Berperan aktif membantu pemerintah dan masyarakat khususnya dalam bidang kesehatan masyarakat.

 

Strategi

Memperhatikan isu strategik utama secara nasional serta mengaitkan dengan hasil kajian lingkungan internal dengan lingkungan eksternal, FKM Unsri turut melakukan pengembangan isu strategik, untuk mendukung visi Universitas Sriwijaya 2025.

  1. Pemerataan dan perluasan akses pendidikan
  2. Peningkatan mutu, relevansi dan daya saing
  3. Penguatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik
  4. Penguatan sumber pendanaan
  5. Globalisasi dan daya saing

Profil Lulusan

Jumlah Alumni Universitas Sriwijaya sampai dengan wisuda ke-114 pada 16 Oktober 2014 sebanyak 96.634 orang Alumni yang terdiri dari: S3 dan Spesialis S2 sebanyak 128 wisudawan,

 

 

Program Studi Sarjana (S1) Universitas

  1. Fakultas Ekonomi
  2. Fakultas Hukum
  3. Fakultas Teknik
  4. Fakultas Kedokteran
  5. Fakultas Pertanian
  6. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

                             

Program Studi Pasca Sarjana (S2) Universitas

  1. Magister Manajemen
  2. Magister Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Leave a Reply

Open chat
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?
Powered by