HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Program Magister Kesehatan Universitas Mulawarman (UNMUL)

Pada 22 Mei 2008 Up.Fakultas Kesehatan Masyarakat memperoleh peningkatan status dari Unit Pelaksana Teknis (Up), menjadi Fakultas Kesehatan Masyarakat melalui Surat Keputusan Rektor Universitas Mulawarman No. 230/DT/2008 atas persetujuan Dirjen Dikti tentang Peningkatan status Program Studi Kesehatan Masyarakat menjadi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Mulawarman.

Daftar Isi

  1. Akreditasi Magister Kesehatan
  2. Sejarah Magister Kesehatan Universitas Mulawarman (UNMUL)
  3. Visi
  4. Misi
  5. Tujuan
  6. Departemen Fakultas Kesehatan Universitas Mulawarman (UNMUL)
  7. Program Studi Sarjana (S1) Universitas Mulawarman (UNMUL)
  8. Program Studi Pasca Sarjana (S2) Universitas Mulawarman (UNMUL)

 

Akreditasi Magister Kesehatan

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Mulawarman telah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Republik Indonesia berdasarkan BAN-PT No.447/SK/BAN-PT/Akres/S/XI/2014 dengan peringkat akreditasi B dengan nilai 321.

 

Sejarah Magister Kesehatan Universitas Mulawarman (UNMUL)

Di awali Tahun 2004, beberapa praktisi kesehatan mulai merasakan adanya kebutuhan terhadap tenaga-tenaga kesehatan masyarakat, terutama untuk mengatasi permasalahan kesehatan yang ada di Samarinda dan Kalimantan Timur pada umumnya. Kemudian, dipelopori dan diinisiasi oleh beberapa Dosen FKIP kemudian direspon oleh Rektor Universitas Mulawarman dengan membuka Konsentrasi Ilmu Kesehatan Masyarakat di bawah Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman.

 

Pada Tahun 2004 Pemerintah Kota Balikpapan dan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur memberikan dukungan pembukaan Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat jenjang strata 1(S1) di Universitas Mulawarman Samarinda dalam rangka peningkatan sumber daya manusia dalam bidang kesehatan, masing-masing melalui surat rekomendasi nomor 460/1024/Bagsos.2/XI/2004 dan nomor 848/718/PSTK-2/2005.

 

Pada tanggal 7 Juni 2004 Konsentrasi Ilmu Kesehatan Masyarakat dibuka berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Mulawarman  No.154/OT/2004tentang Pembukaan Konsentrasi Ilmu Kesehatan Masyarakat S1 pada Program Pendidikan Dokter Universitas Mulawarman. Berdasarkan hal tersebut, Konsentrasi Kesehatan Masyarakat berada di bawah naungan Program Studi Kedokteran Universitas Mulawarman.

 

Pada bulan Juni 2004, kuliah perdana mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Mulawarman dilaksanakan, kelas angkatan I dibagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas A terdiri dari 50 orang dan kelas B terdiri dari 50 orang.

 

Pada tahun 2005, status Konsentrasi Ilmu Kesehatan Masyarakat berubah menjadi Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat yang disetujui oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI) dengan Nomor 2055/D/T/2005 dengan jenjang pendidikan Strata Satu (S1). Pendirian Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Mulawarman dilatarbelakangi oleh beberapa pandangan strategis yaitu masalah globalisasi, otonomi daerah, pembangunan kesehatan dan kemandirian Perguruan Tinggi. Pada Tahun 2007, Ijin  penyelenggaraan Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat diperpanjang oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi melalui Surat No.1413/D/T/2007 Tanggal 8 Juni 2007 tentang Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan Program Studi IKM pada Universitas Mulawarman.

 

Pada 22 Mei 2008 Up.Fakultas Kesehatan Masyarakat memperoleh peningkatan status dari Unit Pelaksana Teknis (Up), menjadi Fakultas Kesehatan Masyarakat melalui Surat Keputusan Rektor Universitas Mulawarman No. 230/DT/2008 atas persetujuan Dirjen Dikti tentang Peningkatan status Program Studi Kesehatan Masyarakat menjadi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Mulawarman. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Mulawarman telah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Republik Indonesia berdasarkan BAN-PT No.447/SK/BAN-PT/Akres/S/XI/2014 dengan peringkat akreditasi B dengan nilai 321.

 

Visi

Menjadi Pusat Studi Kesehatan Masyarakat yang Unggul Berbasis Hutan Tropis Lembab dan Lingkungannya di Regional Tengah II Indonesia Tahun 2022

 

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan dalam bidang kesehatan masyarakat yang unggul, kreatif, dan kompetitif berbasis hutan tropis lembab dan lingkungannya.
  2. Mengembangkan penelitian dosen dan mahasiswa yang berbasis hutan tropis lembab untuk menghasilkan karya ilmiah/publikasi bereputasi nasional dan internasional.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat secara profesional bersumber dari penelitian untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat yang mendukung pencapaian program SDGs.
  4. Menyelenggarakan tata kelola program studi yang sesuai dengan standar penjaminan mutu perguruan tinggi.

 

Tujuan

Berdasarkan visi dan misi maka tujuan (strategic goals) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Mulawarman  adalah menghasilkan lulusan dengan kualifikasi sebagai berikut :

 

  1. Berjiwa Pancasila, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bersifat terbuka, tanggap baik terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi maupun permasalahan yang dihadapai oleh masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan  Kesehatan Masyarakat
  2. Menguasai dasar-dasar ilmiah dan pengetahuan serta metodologi bidang kesehatan masyarakat sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada di dalam kawasan keahlian Kesehatan Masyarakat, melalui kegiatan perencanaan, implementasi dan evaluasi program yang bersifat preventif dan promotif tanpa mengabaikan upaya kuratif dan rehabilitatif
  3. Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi yang dimilikinya sesuai dengan bidang keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat
  4. Mempunyai prilaku sosial kemasyarakatan sehingga mampu berinteraksi dalam kehidupan bermasyarakat sesuai dengan profesi kesehatan masyarakat
  5. Mampu mengelola upaya kesehatan masyarakat dengan menggunakan berbagai pendekatan dan berbagai sumber daya yang tersedia dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat
  6. Mampu mendidik dan memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan taraf kesehatannya
  7. Mampu mengikuti dan mengaplikasikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang Kesehatan Masyarakat

 

Program Studi Sarjana (S1) Universitas Mulawarman (UNMUL)

  1. Ekonomi dan Bisnis
  2. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  3. Pertanian
  4. Kehutanan
  5. Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  6. Perikanan dan Ilmu Kelautan
  7. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  8. Hukum
  9. Teknik
  10. Kedokteran
  11. Kesehatan Masyarakat
  12. Farmasi
  13. Ilmu Budaya
  14. Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi

 

Program Studi Pasca Sarjana (S2) Universitas Mulawarman (UNMUL)

  1. Ilmu Lingkungan
  2. Perencanaan dan Pengembangan Wilayah

 

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Leave a Reply

Open chat
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?
Powered by