HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Program Magister Kesehatan Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang

Universitas Diponegoro disingkat Undip, adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Undip didirikan pada tahun 1956 sebagai Perguruan Tinggi Swasta dan baru mendapat status sebagai Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 1961.

Daftar Isi

  1. Akreditasi Magister Kesehatan
  2. Sejarah Magister Kesehatan Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang
  3. Visi
  4. Misi
  5. Tujuan
  6. Program Studi Sarjana (S1) Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang
  7. Program Studi Pasca Sarjana (S2) Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang

 

 

Akreditasi Magister Kesehatan

Terakreditasi A

 

Sejarah Magister Kesehatan Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang

Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Program Pascasarjana Universitas Diponegoro (PS MIKM Pascasarjana UNDIP) berdiri berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdikbud nomor: 182/DIKTI/Kep/1999 tanggal 26 April 1999. Penyelenggaraan pendidikan mahasiswa angkatan pertama dimulai bulan September 1999 yang terdiri dari 3 konsentrasi yaitu Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK), Administrasi Rumah Sakit (ARS) dan Pendidikan Kesehatan dan Ilmu perilaku (PKIP). Beberapa konsentrasi yang semua berencana bergabung dengan PS MIKM pada tahun 2000 mengajukan Ijin pendirian prodi S2 tersendiri yaitu Prodi S2 Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP) atau Promosi Kesehatan, Prodi S2 Kesehatan Lingkungan, Prodi S2 Epidemiologi dan Prodi S2 Gizi Masyarakat. Keempat Prodi tersebut pada tahun 2001/2002 mulai menerima mahasiswa dan pengelolaan terpisah dari MIKM menjadi Prodi S2 tersendiri.

Mulai tahun ajaran 2001/2002 sampai dengan sekarang PS MIKM mempunyai 4 (empat) Konsentrasi, yaitu: Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK), Administrasi Rumah Sakit (ARS), dan Sistem Informasi Manajemen Kesehatan (SIMKES) dan Manajemen Kesehatan Ibu dan Anak (MKIA). Konsentrasi MKIA diubah namanya menjadi konsentrasi KIA pada tahun 2010. Sejak berdiri sampai tahun 2013 secara akademik MIKM berada dibawah FKM UNDIP tetapi untuk pengelolaan (manajemen) dibawah Program Pascasarjana UNDIP. Sekitar tahun 2013- 2014 UNDIP melakukan reorganisasi dan tata kelola terhadap prodi S2 dan S3 yang inline atau tidak dengan fakultas yang membidanginya. Sejak tahun 2014 PS MIKM karena inline keilmuaannya dengan FKM UNDIP maka secara akademik dan manajemennya dikelola oleh FKM UNDIP. Pada tahun 2015 status UNDIP berubah dari PTN BLU (Perguruan Tinggi Badan Layanan Umum) menjadi PTN BH (Perguruang Tinggi Negeri Berbadan Hukum) dengan berdasar pada Peraturan Pemerintah No. 81 Tahun 2014. Tata kelola universitas dan UPPS serta prodi juga harus mengikuti perubahan status tersebut.  Pada awal tahun 2019 sesuai dengan Keputusan Rektor UNDIP No. 678 tahun 2018 nama Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat (MIKM) diubah menjadi Magister Kesehatan Masyarakat (MKM). Untuk selanjutnya dalam dokumen evaluasi diri ini dipergunakan nama Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro (PS MKM FKM UNDIP).

Visi

Menjadi Lembaga Pendidikan Magister di Bidang Kesehatan Masyarakat yang Unggul di Tingkat Asia Tenggara pada Tahun 2022

 

Misi       

  1. Menyelenggarakan pendidikan magister kesehatan masyarakat yang bermutu untuk menghasilkan lulusan yang profesional, kompetitif, dan berkarakter di tingkat nasional dan internasional khususnya di Asia Tenggara
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang kesehatan masyarakat untuk meningkatkan publikasi dan kepemilikan Hak Atas Kekayaan Intelektual.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan kesehatan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan pengelolaan institusi penyelenggara pendidikan tinggi kesehatan masyarakat berdasarkan asas tata pamong yang baik (good governance), profesional dan akuntabilitas.
  5. Melakukan kerjasama dan kemitraan untuk meningkatkan pendidikan, penelitian dan pengabdian di bidang kesehatan masyarakat baik di tingkat nasional dan internasional.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik profesional melalui pendidikan yang berkualitas dengan kompetensi bidang kesehatan masyarakat terkait yang unggul di tingkat Asia Tenggara.
  2. Mengembangkan, menghasilkan dan mempublikasikan penelitian yang unggul di bidang administrasi dan kebijkan kesehatan, administrasi rumah sakit, sistem informasi manajemen kesehatan, serta kesehatan ibu dan anak.
  3. Mengembangkan, menghasilkan dan mempublikasikan pengabdian masyarakat di bidang administrasi dan kebijkan kesehatan, administrasi rumah sakit, sistem informasi manajemen kesehatan, serta kesehatan ibu dan anak.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan stakeholder di dalam maupun luar negeri (Asia Tenggara) di bidang administrasi dan kebijkan kesehatan, administrasi rumah sakit, sistem informasi manajemen kesehatan, serta kesehatan ibu dan anak
  5. Mengelola lembaga pendidikan tinggi berdasarkan asas tata pamong yang baik (good governance) dan akuntabel.

 

Profil Lulusan

Aplikasi ini di bangun oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP untuk mempermudah mengakses data alumni baik alumni SARJANA, MAGISTER maupun DOKTOR. Untuk mengakses Aplikasi Data Alumni

 

Program Studi Sarjana (S1) Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang

  1. Akuntansi
  2. Biologi
  3. Fisika
  4. Ilmu Gizi
  5. Ilmu Hubungan Internasional
  6. Ilmu Hukum
  7. Manajemen
  8. Matematika
  9. Psikologi
  10. Sastra Indonesia
  11. Dll

 

Program Studi Pasca Sarjana (S2) Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang

  1. Teknik Sipil
  2. Agribisnis
  3. Ilmu Kesehatan Masyarakat
  4. Ilmu Komunikasi
  5. Keperawatan
  6. Kenotariatan
  7. Kesehatan Lingkungan
  8. Ilmu Sejarah
  9. Teknik Kimia
  10. Teknik Mesin
  11. dkk

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Leave a Reply

Open chat
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?
Powered by