HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Tunagrahita adalah ….

Pengertian Tunagrahita ~ Tunagrahita adalah individu yang memiliki tingkat kecerdasan di bawah rata – rata dan disertai dengan ketidakmampuan dalam adaptasi perilaku yang muncul siring masa tumbuh kembangnya. Menurut Soemantri, anak tunagrahita merupakan kondisi anak yang kecerdasannya dibawah rata – rata, yang ditandai dengan keterbatasan intelegensi dan ketidakcakapan dalam interaksi social.

Sedangkan menurut Munzayanah, anak tunagrahita adalah anak yang mengalami hambatan dalam bidang intelektual serta seluruh kepribadiannya, sehingga mereka mengalami kesulitan dalam penyesuaian diri dengan lingkungan sekitarnya.

Amin mengemukakan bahwa anak Tunagrahita adalah mereka yang kecerdasannya berada di bawah rata- rata, disamping itu mereka mengalami keterbelakangan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan. Mereka kurang cakap dalam memikirkan hal-hal yang abstrak, yang sulit-sulit dan berbelit-belit.

Mereka kurang atau terbelakang atau tidak berhasil bukan hanya dalam satu hal tetapi hampir dalam segala-galanya, lebih-lebih dalam pelajaran seperti : mengarang, menyimpulkan isi bacaan, menggunakan simbolsimbol, berhitung dan dalam semua pelajaran yang bersifat teoritis. Dan juga mereka kurang atau terhambat dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Leave a Reply